Ini Pihak Yang Dorong Negara Ambil Alih TMII

us
Ini Pihak Yang Dorong Negara Ambil Alih TMII

Pengambilalihan pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) oleh negara dari Yayasan Harapan Kita setelah mendapat rekomendasi dari beberapa lembaga pemerintah. Rekomendasi pengambilalihan datang dari BPKP dan BPK.

"Ini berdasarkan rekomendasi BPK, BPKP. Selain itu juga sudah adanya hasil legal audit yang dilakukan UGM," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Landasan proses pengambilalihan secara langsung juga sudah diatur dalam Perpres Nomor 19 tahun 2021 tentang Pengelolaan TMII. "Dijelaskan di pasal 2 perpres itu sehingga bisa dilakukan pengambilalihan secara langsung," ujarnya.

Meskipun ada proses pengambilalihan dan masa transisi semua tetap berjalan seperti biasa. Tidak ada penutupan semua tetap berjalan dan tetap beroperasi seperti biasa. Hak karyawan dan fasilitas tetap seperti biasa, tidak ada yang berubah.

"Tim pengambilalihan menunggu laporan pengelolaan, diberi waktu 3 bulan untuk menyampaikan laporan pengelolaan selama 44 tahun. Tentu nanti kita berkomitmen tim transisi akan memikirkan bagaimana inovasi manajemen yang lebih baik untuk memberikan kesejahteraan yang lebih baik," jelasnya.(us)