Miss Landscape, Ajang Kecantikan Era, Penagih Tanggung Jawab Prof Muradi

us
Miss Landscape, Ajang Kecantikan  Era,  Penagih  Tanggung Jawab Prof Muradi
dok. instagram

Ramainya perselisihan Guru Besar FISIP Unpad Prof Muradi dengan Era Setyowati, model yang pernah mengikuti ajang Miss Landscape, mengundang banyak pertanyaan.

Diantaranya mengenai jenis kontes kecantikan yang bernama Miss Landscape. Faktanya memang banyak kontes-kontes kecantikan di dunia ini, jumlahnya bisa ratusan bahkan ribuan. 

Ada yang 'kepo' soal kontes, tetapi ada juga yang tanya mengapa finalis ajang kontes kecantikan tertarik menjadi pemandu lagu (PL) atau kadang disebut sebagai LO (lady escort) karaoke.

Soal PL atau LO karaoke, pengacara Era, Razman Arif Nasution sudah menjelaskan bahwa kliennya bekerja di tempat karaoke elite. Maka antara Era dan Prof Muradi berkenalannya di karaoke elit itu. Tidak dijelaskan karaoke mana yang dimaksud Razman.

Miss Landscape, adalah merupakan ajang kontes kecantikan yang diselenggarakan Charm Press Intercontinental Marketing Co Ltd, berbasis di Ghuang Zhou, China. Organisasi ini fokus sebagai pelindung alam dan hewan di bumi.

Melalui ajang ini, para kontestan dan perempuan lain pun diharap dapat melakukan hal-hal positif terhadap alam seperti mempromosikan pariwisata alam yang ramah lingkungan. Selain itu juga menigkatkan perlindungan dan kesadaran terhadap hewan.

Miss Landscapes International secara resmi terdaftar di Australia, Cina, Jepang, Amerika Serikat, Inggris dan juga secara global sebagai merek dagang dari sebuah perusahaan. 

Meskipun kontes ini tidak sepopuler ajang Miss Universe dan Miss World, ajang Miss Landscape cukup besar. Dan Era berangkat mewakili Indonesia pada ajang Miss Landscape 2019 itu. 

Sebelum mengikuti kompetisi, Era melakukan Audiensi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Konon saat itu mendapat banyak dukungan termasuk dari Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun.

Seperti kontes pada umumnya, Era yang mengikuti kontes selama 9 hari (27 Mei-5 Juni) harus menjalani karantina bersama 40 peserta lain dari berbagai negara.

Saat malam puncak acara penobatan Miss Landscape 2019 di Kota Sihui, Guang Zhou, China, Era tampil anggun dengan balutan gaun berwarna putih dan merah muda. Pemenang kontes Miss Landscape Internasional itu adalah Treisy Cuevas-Torres dari Amerika Serikat.

Runner-Up pertama diraih Anitha Fredrick Mlay dari Tanzania Natalia, dan Runner-Up kedua diraih oleh Andrea Ramos Munoz dari Colombia.  

Masih ada penghargaan untuk kategori lain Miss Body Beautiful diberikan kepada Anitha Fredrick Mlay dari Tanzania, Miss Catwalk dimenangkan Natalia Ramos dari Colombia, Miss Elegance dimenangkan Rachel-Anne Valera dari Filipina. Sementara Miss International Press diberikan kepada Myat Eaindray Htet dari Myanmar. 

Nama Era tidak masuk dalam daftar yang mendapat penghargaan pada ajang Miss Landscape 2019 itu. Tapi jika diurut waktu perkenalan dengan Prof Muradi, saat berangkat sebagai wakil Indonesia, Era sudah dekat dengan profesor tersebut.  Dari pengakuannya, mereka saling kenal 2016. Dan menurut Razman Nasution dua tahun setelah kenalan keduanya menikah siri, sedangkan kontesnya tahun 2019. Kini Era memburu Prof Muradi untuk meminta tanggung jawab karena dari buah cintanya sekarang telah lahir dan menunggu pengakuan.(dari berbagai sumber/us)