Akan Ada Reshuffle Kabinet, Menteri Tunggu Pengumuman Presiden

us
Akan Ada Reshuffle Kabinet, Menteri Tunggu Pengumuman Presiden

Rapat paripurna DPR menyetujui penggabungan Kemenristek dengan Kemedikbud. Selain itu, DPR juga menyetujui pembentukan Kementerian investasi. 

Dengan persetujuan tersebut dalam waktu dekat akan ada reshuffle kabinet Presiden Jokowi. Menrsitek Bambang Brojonegoro yang saat ini yang memimpin kementerian tersebut pun mulai berkemas-kemas meninggalkan kursi kabinetnya.

"Saya tunggu pengumuman dari Presiden saja. Jadi akhirnya enggak ada lagi Kemenristek," ungkapnya.

Harapannya, di masa transisi dari Kemenristek ke Kememndikbud nanti bisa muju sehingga tidak mengganggu agenda riset yang menjadi prioritas. Karena akan ada perubahan struktur ketika nanti digabungkan.

Mengenai posisi Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) kemungkinan nantinya akan seperti BKPM dan BNPB. Soal siapa yang akan memimpin semua tergantung presiden. "Semua presiden yang menentukan," katanya.

Sebagaimana diketahui, rapat paripurna DPR RI Jumat (9/4) telah menyetujui Surat Presiden (Supres) Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian yang sebelumnya telah dibahas dalam rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR pada 8 April 2021.

Surpres yang disepakati yaitu pertama, penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kemenristek ke Kemendikbud sehingga menjadi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Riset Teknologi. Kedua menurut dia, rapat pengganti Bamus DPR juga menyepakati pembentukan Kementerian Investasi untuk meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan.(us)