Ini Alasan Pengelola TMII 44 Tahun Tidak Lapor ke Negara

us
Ini Alasan Pengelola TMII 44 Tahun Tidak Lapor ke Negara

Pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Yayasan Harapan Kita mengaku menjalankan tugas mengelola asset negara sesuai amanat Keppres 51 Tahun 1977. Selama 44 mengelola asset negara tidak pernah mengajukan anggaran kepada negara.

"Perbaikan, pembangunan fasilitas baru, perawatan hingga pelestarian TMII merupakan kontribusi yayasan Harapan Kita kepada negara, langsung menjadi milik negara bukan milik Yayasan Harapan Kita," kata Sekretaris Yayasan Harapan Kita Tria Sasangka Putra di TMII, Minggu (11/4/2021).

Tria memberikan penjelasan terkait pengambilalihah TMII oleh negara yang sudah diumumkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. 

Terkait tidak adanya laporan kepada negara selama 44 tahun, Tria mengatakan Yayasan Harapan Kita sebagai penerima tugas tidak pernah mengajukan anggaran pengelolaan kepada negara. Dengan demikian yayasan tidak menggunakan anggaran negara.

"Yayasan Harapan Kita selalu memberikan bantuan kepada TMII termasuk membiayai peningkatan pengembangan TMII sesuai Keppres 51 tahun 1977. Sehingga yayasan tidak membebani dan merugikan keuangan negara," jelasnya.

Selama pengelolaan oleh Yayasan Harapan Kita, TMII juga selalu membayar PBB berdasarkan regulasi yang mengaut kewajiban PBB meskipun terhadap barang milik negara sebenarnya dikecualikan untuk membayar PBB," tambahnya.(us)