Sidang Habib Rizie, Polisi Ungkap Alasan Tak Membubarkan Kerumunan Massa di Petamburan

yp
Sidang Habib Rizie, Polisi Ungkap Alasan Tak Membubarkan Kerumunan Massa di Petamburan
Habib Rizieq Shihab dalam sidang di PN Jakarta Timur. (tangkapan layar youtube pn jaktim)

JAKARTA  - Mantan Kapolrestro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto menyampaikan kesaksiannya dalam sidang perkara karantina kesehatan dengan terdakwa Habib Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (12/4/2021). Ia mengungkap alasan tak membubarkan kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Jaksa Penuntut Umum (JPU)  menanyakan upaya Polri mencegah kerumunan massa saat acara pernikahan dan maulid Nabi Muhammad SAW, di kediaman Habib Rizieq Shihab di Petamburan pada 14 November 2020.

Heru mengaku mengerahkan personel Brimob di tempat itu sebagai langkah pengamanan. Selain itu, petugas juga disebutnya telah mengimbau warga untuk mematuhi protokol kesehatan.

"Saat itu kami bersama Dandim dan Pak Wali Kota, sudah menurunkan personel Brimob, Polri, TNI, maupun Satpol PP. Di mana di awal-awal sekali kita sempat naik ke panggung untuk mengimbau untuk mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Namun, masyarakat terus berdatangan. "Begitu massa sudah mulai padat, kami mundur. Tetapi menuju ke area itu kita tetap pasang spanduk, pamflet, kita suarakan dari pengaras suara di mobil sound kami," katanya. 

Ia juga menyampaikan alasan tak membubarkan massa. "Bila saya lakukan pembubaran pada malam itu, akan terjadi kerusuhan. Akan sangat rawan sekali, karena situasi sudah malam," ungkapnya. (*/yp)