Ditangkap, 6 Terduga Teroris Gereja Katedral Ini Rencanakan Aksi di Grup 'Batalion Iman'

yp
Ditangkap, 6 Terduga Teroris Gereja Katedral Ini Rencanakan Aksi di Grup 'Batalion Iman'
Ilustrasi borgol. (pixabay)

JAKARTA - Tim Densus 88 Antiteror menangkap en terduga teroris terkait kasus bpm bunuh diri di Gereja Katedral Makasar, Sulawesi Selatan. 

"Khusus menyangkut kelompok Villa Mutiara di Makassar, hari ini, 13 April 2021, Densus 88 mengamankan lagi enam terduga teroris," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Rusdi Hartono, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Keenam terduga teroris itu adalah J, D, MS, S, AL, W, dan S. Mereka ditangkap di sekitar Kota Makassar dan satu orang ditangkap di Kabupaten Gowa. 

Menurutnya, mereka berkomunikasi melalui grup WhatsApp dalam merencanakan aksi terornya. Komunikasi juga dilakukan terkait cara perakitan bahan peledak.

"Mereka membuat grup WhatsApp, namanya grup  Batalion Iman," ujarnya.

Tim Densus mengamankan sejumlah barang bukti dalam penangkapan itu, yakni senapan angin, tujuh HP, dan  kendaraan roda dua.

Sebelumnya, Tim Densus 88 telah menangkap 18 terduga teroris terkait bom bunuh diri yang dilakukan suami istri di depan pintu gereja pada 28 Maret 2021 itu. Mereka tergabung dalam Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berada dalam kelompok kajian Villa Mutiara. Termasuk seorang pria berinisial W yang menjadi otak peledakan bom. (*/yp)