Jokowi Reshuffle Kabinet, Rabu Pahing atau Rabu Kliwon

us
Jokowi Reshuffle Kabinet, Rabu Pahing  atau Rabu Kliwon

Selama menjabat Presiden dua periodes setidaknya Presiden Joko Widodo sudah melakukan reshuffle kabinetnya lima kali. Entah kebetulan atau disengaja reshuffle itu dilakukan setiap hari Rabu. Kalau dalam hitungan kalender pasaran Jawa, tiga kali dilakukan pada Rabu Pon dan dua kali Rabu Pahing.

Jika mengikut hitungan kalender Jawa tersebut dan hari Rabu yang menjadi pilihan Jokowi, hari ini adalah Rabu Kliwon (14/4), sedangkan kalau reshuffle dilakukan pada Rabu depan maka akan jatuh pada Rabu Pahing (21/4).

Kabar berhembus, Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet terutama terkait penggabungan Kemenristek dan Kemendikbud. Tetapi bisa jadi reshuffle tidak hanya dilakukan dalam rangka penggabungan tetapi juga terhadap menteri-menteri yang dianggap tidak memiliki kinerja baik.

Tenaga ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin membenarkan kabar akan adanya reshuffle kabinet itu. Bahkan dia menyebut dalam waktu dekat, dan bila tidak ada hambatan bisa minggu ini.

"Insyaallah kalau tidak ada aral melintang pekan-pekan ini. Dengan DPR kan sudah ada keputusan tanggal 30 Maret berisi rencana penggabungan Kemenristek ke dalam Kemendikbud juga pembentukan Kementerian Investasi," tandasnya.(us)