Presiden KAI Siti Jamaliah Lubis: Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Perjuangan ‘Kartini Zaman Now’ 

Danial
Presiden KAI Siti Jamaliah Lubis: Pandemi Covid-19 Tak Surutkan Perjuangan ‘Kartini Zaman Now’ 
Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI ISL) Siti Jamaliah Lubis

Jakarta, HanTer - Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI ISL) Siti Jamaliah Lubis berharap, masa pandemi Covid-19 tak menghalangi kaum perempuan untuk berkarya di bidangnya masing-masing. Berbagai profesi, seperti: dokter, perawat, polisi, guru, advokat maupun pejabat-pejabat negara, kini sudah banyak memberi peran kepada kaum perempuan.

Sebut saja ‘Pendekar Hukum Perempuan’ yang kini menjabat sebagai Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI ISL) Siti Jamaliah Lubis, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa serta pemimpin di sejumlah negara dijabat oleh kaum perempuan, seperti: Wakil Presiden AS Kamala Haris, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Singapura Halimah Yacob dan lain-lain. 

“Ini merupakan implementasi nyata dari kisah heroik dan enerjik RA Kartini yang menginspirasi kaum perempuan masa kini. Kini kaum perempuan sudah sejajar dengan kaum laki-laki, banyak yang menduduki jabatan baik di eksekutif, legislatif, yudikatif maupun di profesi lain,” kata salah satu sosok ‘Kartini Zaman Now’ Siti Jamaliah Lubis SH MH, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (20/4/2021), ketika berpendapat terkait hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.

Kak Mia, demikian ia akrab disapa, juga berperan dalam menyusun RUU Gender beberapa tahun lalu. Kini organisasi Advokat KAI yang ia pimpin memiliki lebih dari 30 ribu advokat, 34 DPD di setiap propinsi dan DPC di setiap kabupaten/kota seluruh Indonesia.

“Tidak sia-sia perjuangan RA Kartini dengan segala rintangan apapun ia hadapi untuk emansipasi kaum perempuan pada saat itu. Saat ini kaum perempuan yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan juga sudah berjuang dengan mempertaruhkan segenap jiwa raga demi menyelamatkan nyawa rakyat Indonesia di masa pandemi covid-19,” paparnya.

Untuk itu Kak Mia berharap, ke depan makin banyak Kartini-Kartini bermunculan di berbagai bidang profesi dan pekerjaan. Untuk kaum perempuan, ia berpesan agar tetap semangat menjalani profesinya masing-masing, karena berkarya dan berprestasi itu bisa di bidang apa saja.

“Milikilah spesifikasi profesi yang unik, skill yang memadai, supaya bisa memiliki daya saing yang tinggi, tangguh dan sehat. Kaum perempuan juga harus bisa memantaskan dirinya untuk tampil ke depan, bisa mengambil keputusan yang tepat untuk kemajuan diri,” pesan Kak Mia.

Ia juga meminta di masa pandemi ini, kaum perempuan untuk tetap menjaga diri dan keluarganya agar terhindar dari Covid-19. "Protokol kesehatan harus tetap diterapkan, serta tidak mudik saat libur lebaran besok supaya penyebaran Covid dapat segera berakhir," pungkas Kak Mia.