Harapan Penyelamatan 53 ABK Nanggala-402 Makin Menipis

us
Harapan Penyelamatan 53 ABK Nanggala-402 Makin Menipis

Makin tipis harapan penyelamatan 53 awak kapal selam Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (19/4) di perairan utara Bali. Pasalnya oksigen yang tersedia sejak kapal mengalami blackout, hanya cukup untu 72 jam atau tiga hari yang jatuh pada Sabtu (24/4) dini hari.

Hingga Sabtu pagi, belum ada tanda-tanda Nanggala-402 ditemukan meskipun segala kemampuan dikerahkan. Bahkan sejumlah negara seperti Singapura, Malaysia, Australia dan Amerika telah mengirimkan timnya dalam pencarian kapal tersebut.

Australia telah menggerakkan HMAS Ballarat Rigid-Hulled Inflatable Boat (RHIB) dan helikopter untuk menyisir wilayah pencarian. Sebanyak lima personel dari angkatan bersenjata Singapura juga sudah berada di KRI Suharso dalam upaya pencarian.

Dalam keterangan pers sebelumnya, Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad menyatakan ditemukannya tumpahan minyak dan singnal magnet yang kuat di satu lokasi hingga pencarian dipersempit. Tetapi  belum ada kepastian bahwa tumpahan minyak dan magent itu merupakan Nanggala 402.

Faktanya hingga pagi ini belum ada perkembangan singnifikan dalam upaya pencarian dan penyelamatan Nanggala 402

#kapal   #selam   #nanggala   #oksigen