Menhan Prabowo Telpon Menhan AS, P-8 Poseidon Terbang ke RI

us
Menhan Prabowo Telpon Menhan AS, P-8 Poseidon Terbang ke RI

Setelah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan AS Lloys J Austin III berbicara melalui telpon, P-8 Poseidon milik Angkatan Laut AS diterbangkan ke Indonesia. Beberapa waktu lalu, pesawat ini pernah ditolak mendarat di Indonesia untuk sekadar mengisi bahan bakar.

Penolakan ini bisa jadi karena terkait kebijakan luar negeri Indonesia yang netral. Hal ini karena adanya suhu ketegangan yang memanas antara AS dan China

Untuk kehadiran P-08 Poseidon kali ini tidak ada kaitannya dengan lain-lain kecuali untuk membantu pencarian dan penyelamatan kapal selam Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan utara Bali.

Departemen Pertahanan AS sebagaimana dikutip dari defense.gove, Sabtu (24/4) melalui juru bicaranya Jon F. Kirby menjelaskan tentang penerbangan P-8 Poseidon ke Indonesia.

"Atas permintaan pemerintah Indonesia, kami mengirimkan aset-aset udara, termasuk sebuah pesawat patroli maritim P-8 Poseidon, untuk membantu pencarian kapal selam mereka yang hilang," ucap Kirby.

Kirby menyebutkan telah ada pembicaraan antara Menhan AS Lloyd J Austin III melalui telepon dengan Menhan Indonesia Prabowo Subianto. Pembicaraan itu antara lain untuk memastikan Indonesia mengetahui ada pesawat Angkatan Laut AS yang menuju wilayahnya dan menawarkan dukungan bantuan yang diperlukan.

"Indonesia merupakan teman baik dan mitra strategis. Kami semua merasa sedih mengetahui laporan soal kapal selam mereka. Pikiran serta doa kami bersama para pelaut Indonesia, Angkatan Laut Indonesia, dan tentu saja keluarga mereka," ujarnya.

Kirby mengatakan pesawat P-8 Poseidon milik Angkatan Laut AS merupakan jenis pesawat patroli maritim canggih yang dirancang secara khusus untuk misi pencarian, khususnya kapal selam. Dengan pesawat ini akan membantu mengetahu keberadaan kapal selam.(us)