Menhan AS: Apapun Yang Mereka Ingin Kami Lakukan

us
Menhan AS:  Apapun Yang Mereka Ingin Kami Lakukan

Militer AS melalui juru bicara Pentagon (Departemen Pertahanan AS) Jon F. Kirby tidak hanya mengirimkan P-8 Poseidon dalam upaya mencari kapal selam Nanggala-402 tetapi juga mengangkatnya setelah posisi kapal ditemukan.

"Tugas untuk mengangkat kapal selam ke permukaan menjadi pekerjaan yang menantang, AS memiliki kemampuan untuk membantu proses tersebut," katanya seperti dilansir dalam situs defense.gove, Sabtu (24/4).

Tetap semua bergantung apakah hanya sekadar mencari objek di bawah air, apapun itu, kondisinya maupun seberapa dalam perairannya, dan juga seperti apa dasarnya dan seperti apa arusnya. Maksud saya, ada banyak hal yang harus diperhatikan. 

"Mengangkat sesuatu dari dasar lautan merupakan pekerjaan berbahaya dan melelahkan. Kami memiliki sejumlah kemampuan untuk membantu dalam hal itu," cetus Kirby. 

Dikatakan, sejauh ini bantuan lain dari AS untuk Indonesia belum diketahui, selain pesawat P-8 Poseidon. Menurut Kirby AS bertekad membantu Indonesia hingga menemukan kapal selamnya yang hilang.

"Kami ingin membantu menemukan kapal selam itu dan kami ingin melakukan apapun yang kami bisa, apapun yang mereka butuhkan atau apapun yang mereka ingin kami lakukan, untuk membantu mereka mencarinya," tandasnya.

Kapal selam Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak sejak Rabu (21/4) di perairan sebelah utara Bali. Seluruh kekuatan telah dikerahkan tetapi sampai kini belum membuahkan hasil. Sejumlah negara ikut membantu termasuk diantaranya AS.(us)

#poseidon   #as   #maritim   #nanggala