Bagaimana Posisi Mas Menteri Pasca Temui Megawati

us
Bagaimana Posisi Mas Menteri Pasca Temui Megawati

Reshuffle kabinet menjadi kabar yang ditunggu-tunggu dalam pekan ini, setelah kurang lebih sebulan usulan penggabungan Kemenristek ke Kemendikbud dan pembentukan Kementerian Investasi disetujui DPR. Mendikbud Nadiem Makarim menjadi salah satu menteri yang menjadi sorotan dan ada isyarat akan terkena reshuffle.

Tetapi isyaratnya berubah pasca pertemuan Nadiem dengan Ketua Umum PDIP Megawati di tengah-tengah ramainya khabar isu reshuffle.

"Saya menduga pertemua itu mempengaruhi nasib mas menteri di kabinet. Saya menduga pertemuan membahas seputar persoalan Pancasila dalam sistem pendidikan nasional setelah absennya Pancasila dari pendidikan dasar dan menengah," kata Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo.

Tetapi Karyono menduga, dalam pertemuan itu pasti ada semacam pembicaraan tentang mendukung atau tidak. Terbukti pasca pertemuan itu suara para politisi PDI Perjuangan ada di gelombang yang sama kepada Nadiem.

Meskipun begitu, semua berpulang kepada Presiden Joko Widodo karena soal reshuffle merupakan hak prerogatif. "Tidak menjamin, tetapi kalau dilihat dari situasi pasca pertemuan ada isyarat posisinya aman," katanya.(us)