KRI Nanggala-402 Terbelah Menjadi Tiga

us
KRI Nanggala-402 Terbelah Menjadi Tiga

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kapal selam KRI Nanggala-402 terbelah menjadi tiga bagian. Robot dalam air atau ROV (remote operated vehicle) menangkap beberapa bagian puing dari KRI Nanggala-402.

"Dari ROV itu diketahui di sana KRI Nanggala terbelah menjadi tiga bagian," kata Yudo dalam jumpa pers, Minggu (25/4/2021).

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebelumnya menyatakan seluruh awak KRI Nanggala-402 gugur. Hal itu diketahui berdasar bukti-bukti otentik yang ditemukan.

"Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur," katanya.

Panglima memperlihatkan bukti-bukti otentik berupa kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, dan bagian kapal KRI Nanggala-402 hingga baju keselamatan awak kapal MK11.

Dalam kesempatan itu Panglima TNI menyampaikan rasa duka cita mendalam dan mengajak seluruh rakyat Indonesia mendoakan para patriot terbaik bangsa yang telah gugur tersebut.

"Dengan kesedihan yang mendalam selaku Panglima TNI saya nyatakan bahwa 53 personel yang on board KRI Nanggala 402 telah gugur," pungkasnya.(us)