Gugur Ditembak KKB, Kabinda Papua akan Dimakamkan di TMP Kalibata

yp
Gugur Ditembak KKB, Kabinda Papua akan Dimakamkan di TMP Kalibata
Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya. (instagram sitohangchoky)

JAKARTA - Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, gugur tertembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua, Minggu (25/4/2021). Jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Selasa (27/4/2021).

Deputi VII BIN, Wawan Hari Purwanto, menyebutkan jenazah telah dievakuasi ke Timika pagi tadi. Selanjutnya, dibawa ke Jakarta. 

"Akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dan dinaikkan pangkatnya secara anumerta menjadi Mayor Jendral," katanya dalam keterangan tertulis, Senin (26/4/2021).

Menurutnya, Danny gugur saat KKB mengadang lalu menyerang rombongan Danny di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua. Danny dan tim berada di sana untuk memberi dukungan dan semangat masyarakat yang selama ini diganggu ketentramannya oleh KKB. 

"Jadi kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet adalah dalam rangka observasi lapangan. Ini untuk mempercepat pemulihan keamanan pasca aksi brutal Kelompok Separatis dan Teroris Papua di wilayah tersebut," tambahnya. (yp)