Prabowo Jamin Pendidikan Putra Putri ABK Nanggala 402 Hingga PT

us
Prabowo Jamin Pendidikan Putra Putri ABK Nanggala 402 Hingga PT
istimewa

Menteri Pertahanan  Prabowo Subianto akan menjamin pendidikan putra-putri dari 53 ABK kapal selam Naggala 402 hingga perguruan tinggi. Kementerian Pertahanan akan memberikan beasiswa pendidikan di SMA Taruna Magelang dan Universitas Pertahanan (Unhan).

"Saya telah menginstrusikan kepada Lembaga Pendidikan di bawah binaan Kementerian Pertahanan yaitu SMA Taruna Nusantara Magelang dan Universitas Pertahanan Republik Indonesia untuk mengalokasikan tempat bagi putra-putri ABK KRI Nanggala 402," kata Prabowo dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/4/2021). 

Dikatakan, bagi putra dan putri yang saat ini memasuki pendidikan setingkat SMA, agar bisa diterima di SMA Taruna Nusantara Magelang dengan beasiswa penuh. Begitu pula bagi putra dan putri yang memasuki tingkat pendidikan perguruan tinggi supaya bisa diterima di Unhan RI dengan beasiswa penuh.

"Untuk putra utri yang masih duduk di bangku SD dan SMP, akan diberikan beasiswa melalui Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan," katanya. 

Prabowo juga menjamin bea siswa akan diberikan kepada putra putri prajurit yang gugur dalam tugas. "Mereka adalah personel TNI AL yang gugur dalam tugas menjaga negeri sebagai pahlawan bangsa," tuturnya. 

Kapal selam Nanggala 402 dinyatakan tenggelam hingga akhirnya ditemukan dalam kondisi terbelah menjadi tiga. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam keterangan persnya menyatakan 53 ABK Nanggala 402 dinayatakan gugur.(us)