Ini Dia 5 Menteri Terpopuler di Media Hasil Riset IPR Diantaranya Menpora Amali

Hermansyah   
Ini Dia 5 Menteri Terpopuler di Media Hasil Riset IPR Diantaranya Menpora Amali
Lima menteri terpopuler

Indonesia Political Review (IPR) melakukan riset media monitoring menteri kabinet Indonesia Maju untuk mengukur tingkat kepopuleran para menteri di media daring nasional. 

Riset ini dilakukan selama tiga bulan sejak tanggal 1 Januari – 31 Maret 2021. Riset dilakukan terhadap 9 (sembilan) media online berskala nasional antara lain Detik.com, Kompas.com, Liputan6.com, Republika.co.id, Tempo.co, Kumparan.com, Beritasatu.com, Jpnn.com dan Medcom.id. 

Metode yang digunakan dalam riset ini adalah melakukan pencarian data berita melalui Google Search dengan menggunakan kata kunci 34 nama menteri. Hasil pencarian dan pengumpulan data ini tidak mutlak 100% karena sangat tergantung pada bagaimana Google meng-indeks artikel pada media terkait, akurasi pengumpulan berita dengan metode ini sekitar 96%. 

Pada rentang 1 Januari-31 Maret 2021, dari 9 media yang dimonitoring terkumpul data 31.482 berita. Pemberitaan tertinggi berada pada bulan Maret dengan 12.999 berita. 

Sedangkan media yang paling banyak memberitakan Menteri Kabinet Indonesia Maju adalah Detik.com dengan jumlah berita 5.112. Kemudian disusul Kompas.com 5.071 berita dan Liputan6.com 4.309 berita. 

Secara umum semua media mengalami kenaikan jumlah berita pada bulan Maret, meski ada yang jumlah beritanya menurun pada bulan tersebut seperti kompas.com, namun jumlahnya tidak signifikan. 

Kemudian, menteri yang paling popular atau paling banyak diberitakan, urutan pertama diduduki Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dengan jumlah pemberitaan sebanyak 2.837, kemudian di urutan kedua Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dengan 2.779 kali pemberitaan. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto adalah menteri yang paling banyak diberitakan terutama pada isu PPKM Mikro terkait jabatannya sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Airlangga mendapatkan 2.837 pemberitaan. Di posisi kedua adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang banyak dikaitkan dengan isu vaksin Covid-19 dengan jumlah pemberitaan sebanyak 2.779 pemberitaan. 

Sementara di posisi ketiga dan keempat masing-masing ditempati Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Erick Thohir diberitakan sebanyak 1.780 dan Budi Karya sebanyak 1.686 kali. Adapun peringkat kelima diduduki Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dengan 1.683 kali pemberitaan. 

Pada peringkat keenam ada Menteri Keuangan Sri Mulyani dengan jumlah 1.656 dan Ketujuh Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno dengan 1.564 pemberitaan. 

Sementara posisi kedelapan diisi Menteri Sosial Tri Rismaharini dengan total pemberitaan sebanyak 1.371 kali. Kesembilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim 1.342 kali pemberitaan. 

Pada posisi kesepuluh Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dengan total 1.232. Selanjutnya di peringkat kesebelas ada nama Menko Polhukam Mahfud MD dengan jumlah 1.088 kali pemberitaan. 

Keduabelas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo 1.067. Ketigabelas Menko PMK Muhadjir Effendy 969 pemberitaan, Keempatbelas Mendagri Tito Karnavian 914, Kelimabelas Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 801 pemberitaan. 

Selanjutnya, Keenambelas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas 746 pemberitaan, Ketujuhbelas diisi Muhammad Luthfi dengan 679 pemberitaan dan Kedelapanbelas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto 630 pemberitaan. 

Pada peringkat kesembilanbelas Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi 606 pemberitaan, keduapuluh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita 589 pembritaan. 

Keduapuluhsatu, Menpan RB Tjahjo Kumolo 580 pembritaan, keduapuluhdua Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki 579 pembritaan dan keduapuluhtiga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dengan total 574 pemberitaan. 

Urutan keduapuluhempat, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono 570 pemberitaan, keduapuluhlima Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah 561 pembritaan. 

Keduapuluhenam, Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro 528 pembritaan, keduapuluhtujuh Menkominfo Johnny G Plate 484 berita. 

Keduapuluhdelapan, ada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa 322, keduapuluhsembilan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil 258, dan ketigapuluh Menteri Sekretaris Negara Pratikno 241. 

Selanjutnya ketigapuluhsatu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif 235, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya 232, dan ketigapuluhdua Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar 193 pembritaan. 

Posisi terakhir diduduki Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Gusti Ayu Bintang Darmawati yang hanya mendapatkan 106 pemberitaan.