Rapid Tes di Bandara Kualanamu Gunakan Alat Bekas Pakai, Ini Kronologi Pengungkapannya

yp
Rapid Tes di Bandara Kualanamu Gunakan Alat Bekas Pakai, Ini Kronologi Pengungkapannya
Polisi mengumpulkan barang bukti pemakaian alat bekas pakai yang digunakan untuk rapid tes di Bandara Kualanamu. (ist)

KUALANAMU – Polisi membongkar tes rapid antigen menggunakan alat bekas pakai di laboratorium di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. Empat petugas laboratorium diamankan. 

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono membenarkan hal itu. “Ya betul (kejadian itu),” ujarnya, Rabu (28/4/2021).

Berikut kronologi pembongkaran kasus tersebut:
1. Selasa (27/4/2021), sekira pukul 15.05 WIB anggota Kriminal Khusus (Krimsus) dengan berpakaian sipil menyamar sebagai calon penumpang salah satu pesawat. Ia melaksanakan test rapid antigen dengan terlebih dahulu mengisi daftar calon pasien untuk mendapatkan nomor antrean.

2. Setelah mendapatkan nomor antrian maka polisi itu dipanggil namanya. Ia masuk ke ruang pemeriksaan untuk diambil sampel yang dimasukkan alat tes rapid antigen ke dalam kedua lubang hidung. 

3. Setelah selesai pengambilan sampel maka polisi menunggu di ruang tunggu sambil menunggu hasil rapid antigen. Sekitar 10 menit kemudian, didapat hasil tes yang menunjukkan tes pada polisi yang menyamar itu memberi hasil positif. 

4. Setelah itu, terjadi perdebatan dengan saling balas argument. Maka  seluruh isi ruangan labolatorium rapid antigen dan para petugas lab dikumpulkan. Petugas kirmsus mendapati barang bukti ratusan alat yang dipakai untuk rapid antigen untuk pengambilan sampel bekas dan telah didaur ulang. 

5. Petugas laboratorium diperiksa dan mengaku menggunakan alat bekas pakai. (yp)