Dua Menteri Dilantik Jokowi, Partai Politik Gigit Jari

us
Dua Menteri Dilantik Jokowi, Partai Politik Gigit Jari

Presiden Joko Widodo melantik Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia di Istana Negara, Rabu. Nadim dilantik sebagai Mendikbud-Ristek. Sedangkan Bahlil menjabat Menteri Investasi.

Pelantikan kedua menteri tersebut mengakhiri berbagai spekulasi yang mengemuka pasca persetujuan DPR untuk menggabungkan Kemenristek dan Kemendikbud serta pembentukan Kementerian Investasi. Sebelum pelantikan dua menteri menemuka spekulasi akan adanya reshuffle kabinet lain selain dua kementerian tersebut. Partai PAN bahkan yang disebut-sebut sudah menyiapkan kader terbaiknya, atau juga ada beberapa parpol lain dan tokoh berharap masuk kabinet Jokowi ternyata harus gigit jari.

Pelantikan dua menteri itu tidak menambah wajah baru di kementerian Joko Widdodo. Karena sebelumnya Nadiem merupakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan Bahlil sebelumnya menjabay Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Justru ada pengurangan satu menteri, karena Kemenristek sebelumnya dijabat Bambang Brojonegoro.

Selain pelantikan dua menteri Presiden juga melantik Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)  Laksana Tri Handoko yang sebelumnya merupakan Kepala Lembaga Ilmu Peneitian (LIPI). BRIN merupakan lembaga baru yang dibentuk berdasarkan persetujuan DPR.(us)