Azis Syamsudin Jarang Tersentuh, Kini Ruang Kerjanya Digeledah KPK

us
Azis Syamsudin Jarang Tersentuh, Kini Ruang Kerjanya Digeledah KPK

Karir politik Azis Syamsudin termasuk yang bersinar terang sebagai politisi Golkar. Terbukti dalam struktur partai dia dipercaya di posisi-posisi strategis. Seperti kali ini ia  duduk sebagai Wakil Ketua DPR dari Golkar.

Beberapa kali namanya terdengar dalam kasus-kasus yang kurang nyaman tetapi Azis tidak pernah tersentuh penyidik KPK, Kejaksaan atau Polri. Rabu sore (27/4) ruang kerjanya di Gedung DPR disambangi penyidik KPK.

Ruang Azis digeledah penyidik KPK terkait kasus suap penyidik KPK, AKP Robin Stepanus Pattuju oleh Walikota Tanjung Balai M Syahrial.

Penggeledahan di ruang kerja Azis berlangsung hingga malam. Setidaknya penyidik membawa dua koper dokumen dari ruangan Azis.

Dugaan keterlibaat politisi Partai Golkar itu karena pertemuan antara penyidik KPK yang menerima suap dengan walikota yang menyuap terjadi di rumahnya. Bahkan diduga mereka berdua diperkenalkan oleh Azis Syamsudin.

Peran Azis sejak penetapan tersangka oleh KPK terhadap penyuap dan penerima suap sudah disebut oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Saat jumpa pers Firli menyebut perantara perkenalan kedua tersangka adalah Azis Syamsudin.

"Pada Oktober 2020, MS (M Syahrial) menemui AZ (Azis Syamsuddin), Wakil Ketua DPR RI, di rumah dinasnya di Jakarta Selatan dan menyampaikan permasalahan adanya penyelidikan yang sedang dilakukan oleh KPK di Pemerintahan Kota Tanjungbalai yang sedang dilakukan KPK agar tidak naik ke tahap penyidikan dan meminta agar SRP dapat membantu supaya permasalahan penyelidikan tersebut tidak ditindaklanjuti oleh KPK," kata Firli dalam jumpa pers saat itu.

Azis Syamsudin merupakan salah satu politisi Partai Golkar yang beberapa kali namanya pernah dikait-kaitkan dengan satu kasus. Saat anak buah Nazarudin (mantan bendahara Partai Demokrat) menjadi saksi di Pengadilan Tipikor, nama Azis disebut terkait salah satu proyek. Begitu juga saat ramai adanya dua kontainer blakcberry ilegal, nama Azis juga sempat tersenggol. Bahkan sempat dilaporkan ke MKD DPR. Kini nama Azis disebut KPK sebagai orang yang memperkenalkan penyuap dan penerimanya supaya kasus korupsi tidak naik ke penyidikan.(us)

#azis   #golkar   #kpk   #suap