Media Asing Soroti Lagu Sampai Jumpa Awak KRI Nanggala 402

us
Media Asing  Soroti Lagu Sampai Jumpa Awak KRI Nanggala 402

Sejumlah media asing menyoroti peristiwa tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402. Tidak hanya  tenggelamnya kapal perang tersebut yang disoroti tetapi juga peristiwa sebelumnya.

Salah satunya yang menjadi sorotan adalah penampilan awak KRI Nanggala 402 yang sedang menyanyikan lagunya Endank Soekamti berjudul Sampai Jumpa. Video itu pertama kali diunggah oleh vokalis Endank Soekamti, Erix Soekamti.

Para awak KRI Nanggala 402 terlihat berdesakan di salah satu sudut kapal KRI menyanyi sambil diiringi gitar akuistik yang dimainkan oleh salah satu awak KRI. Semua berpakaian hitam dengan mengenakan baret lengkap warna senada seragamnya.

Beberapa media asing yang menyoroti aksi tersebut adalah CBS News. Dalam laporannya disebutkan, "sebuah video mengharukan beredar menunjukkan awal kapal selam Indonesia yang tenggelam bernyanyi bahagia besama di atas kapal mereka," demikian yang ditulis kantor berita CBS Amerika Serikat tersebut.

Dituliskan juga bahwa video itu difilmkan beberapa minggu sebelum KRI Nanggala 402 tenggelam dengan 53 kru menjadi korban. Sebelum peristiwa na'as itu 53 kru menyanyikan lagu "Sampai Jumpa" sebuah hit Indonesia.

Laporan itu juga mengutip syair yang dinyanyikan awak kapal, "Meskipun ku tak siap untuk merindu. Ku Tak siap tanpa dirimu. Kuharap terbaik untukmu," demikian syair yang dinyanyikan kru KRI Nanggala 402.

CBS juga melaporkan akhir dari pencarian KRI Nanggala 402 yang tenggelam, yaitu dengan ditemukannya kapal dalam keadaan terbelah dan pernyataan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang menyatakan seluruh ABK gugur.

Daiy Mail juga membuat laporan tentang KRI Nanggala 402. Media Inggris itu melaprkan beredarnya sebuah video yang menunjukkan awak kapal selam Indonesia bernyanyi bersama di atas kapal beberapa hari sebelum tenggelam. 

Dalam video yang memilukan itu tampak beberapa pelaut dari 53 awak KRI terlihat tersenyum ketika sedang bersama menyanyikan lagu populer Indonesia berjudul "Sampai Jumpa."

Media Inggris BBC juga menayangkan berita video dengan menunjukkan komandan kalal Letkol Heri Oktavian diantara mereka yang berkumpul dan menyanyikan lagi hit Sampai Jumpa. 

"Meskipun ku tak siap untuk merindu. Ku Tak siap tanpa dirimu. Kuharap terbaik untukmu," demikian mereka bernyanyi.

BBC juga mengutif pernyataan Kadispenal TNI AL Laksamana Pertama Julius Widjojono yang akan dilakukan upaya penarikan bangkai kapal yang tenggelam. "Kami akan menganalisa gambar dan video bawah air arus dll untuk menentukan teknologi yang digunakan," katanya.(us)