Anies Capres 2024: Muda Mudi Solo Raya Siap Dukung, Pendukung Jokowi Mulai Merapat Ke Anies

Safari
Anies Capres 2024: Muda Mudi Solo Raya Siap Dukung, Pendukung Jokowi Mulai Merapat Ke Anies

Jakarta, HanTer - Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa, Tony Rosyid mengatakan, sejumlah pendukung Joko Widodo (Jokowi) sudah mulai merapat mulai merapat ke Anies Baswedan, gubernur DKI Jakarta. Salah satunya adalah Billy Haryanto, Wakil Ketua Umum Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras (Perpadi). 

 

Pengusaha asal Sragen yang dua periode mendukung Jokowi ini, telah terang-terangan deklarasi mendukung Anies. Ia pun menjanjikan bahwa milenial Solo Raya akan ikut dukung Anies di pilpres 2024.  "Janji seorang pengusaha yang punya persediaan logistik, biasanya riil jika menyangkut dukungan," papar Tony dalam keterangan tertulis yang diterima Harian Terbit, Kamis (29/4/2021).

 

Tak tanggung-tanggung, ujar Tony, pengusaha asal Sragen ini memasang spanduk cukup besar bertuliskan: Joglo Kemenangan Anies Capres 2024, Muda Mudi Solo Raya Siap Dukung Anies.

 

“Dukungan Billy Haryanto ini, apakah merepresentasikan dukungan Jokowi? Boleh jadi deklarasi Billy Haryanto ini juga menjadi sinyal awal dukungan di kalangan para pengusaha kepada Anies di pilpres 2024,” paparnya.

 

Populer

 

Lebih lanjut Tony mengemukakan, meski sejumlah nama kandidat muncul, namun nama Anies Baswedan, Gubernur DKI ini kelihatannya paling populer di Pilpres 2024. Apalagi, tahun 2024, periode Jokowi akan selesai. Kepemimpinan bangsa bergilir, dan harus berganti melalui mekanisme demokrasi yang disebut dengan pemilu. 

 

"Beberapa postingan survei berupaya mengganjal Anies via media, tetapi sejumlah survei yang tidak dipublish kabarnya bocor dan Anies unggul," jelasnya. 

 

Tony memaparkan, bagi parpol, siapa yang berpotensi menang akan didukung. Ini sikap yang paling realistis. Setiap parpol akan menyelamatkan elektabilitasnya melalui dukungan terhadap capres terkuat. Dengan mengusung capres terkuat, coat-tail effect terjadi. Selain coat-tail effect, parpol pengusung juga mendapat "ghonimah effect".

 

Dalam politik, semua ada kalkulasi rasionalnya, termasuk Jokowi yang mendukung Anies. Jika Anies dianggap paling potensial untuk menang, Jokowi hampir pasti akan mendukungnya. Begitulah lazimnya presiden-presiden sebelumnya selalu mengambil sikap politik seperti itu. Termasuk Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kabarnya secara diam-diam juga ikut andil memenangkan Jokowi di pilpres 2014, meski lawannya adalah besan SBY sendiri, yaitu Hatta Rajasa yang waktu itu sebagai cawapres. 

 

Anies Teratas

 

Sementara itu, Ketua Umum Barisan Relawan Nusantara (Baranusa), relawan pendukung Jokowi, Adi Kurniawan mengakui Pilpres 2024 ada di antara pendukung Jokowi yang merapat ke Anies. Karena sampai detik ini jika mengacu pada hasil survei, Anies  adalah sosok yang teratas di Pilpres 2024. Namun dukungan terhadap Anies masih bisa berubah karena Pilpres 2024 masih jauh dan politik adalah dinamis.

 

"Menurut saya, Anies lebih baik fokus dulu selamatkan warga Jakarta dari pandemi Covid-19 karena dampaknya sangat luar biasa. Apabila Anies berhasil atasi Covid-19 maka sudah tidak diragukan lagi Anies memang pas memimpin pemerintahan skala nasional. Karena pandemi ini adalah masalah yang paling urgent dan perlu diselamatkan," ujar Adi Kurniawan kepada Harian Terbit, Kamis (29/4/2021).

 

Adi memaparkan, pendukung Jokowi banyak yang merapat ke Anies sudah dilakukan sejak Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu. Karena banyak juga dari pendukung Jokowi yang tidak suka dengan gaya kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mereka yang sampai sekarang tidak suka terhadap Anies adalah pendukung Ahok bukan pendukung Jokowi.

 

Sulit

 

Sementara itu pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Bunda Mulia (UBM) Jakarta, Patricia Robin menegaskan, agak sulit jika Jokowi harus mendukung Anies di Pilpres 2024. Karena saat keduanya (Anies-Jokowi) kerjasama di era Jokowi pertama, Anies yang kala itu menjabat Mendikbud berujung dipecat Jokowi.

 

Menurut Patricia, harus dilihat juga keuntungan politik seperti apa yang didapat Jokowi dengan mendukung Anies. Oleh karena itu Jokowi dipastikan lebih menjagokan Erick Thohir dan Sandiaga Uno untuk maju di pilpres mendatang. Namun untuk pendukung Jokowi masih belum bisa ditebak, apakah tetap loyal terhadap Jokowi atau Anies.

 

"Kalau bicara pendukung ini masih tentatif. Karena pilihan politik bicara di tatanan emosi seseorang. Bisa saja yang dulu dukung Jokowi bisa pindah dukung Anies. Rakyat sebagai pemegang hak suara sedang berjuang untuk kelangsungan hidup hariannya karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu untuk urusan politik pasti mereka kesampingkan dulu," jelasnya.

#Pilpres   #anies   #jokowi