Angkat Nanggala-402, Dikerahkan Dua Kapal China Berkemampuan Operasi di 4.500 M

us
Angkat Nanggala-402,   Dikerahkan Dua Kapal China Berkemampuan Operasi di 4.500 M
ist


Upaya pengangkatan kapal selam Nanggala 402 yang mengalami musibah Rabu (21/4) terus dilakukan. Kali ini dua kapal Angkatan Laut China People Liberation Army Navy (PLA Navy) tiba di perairan Bali, Minggu (2/5).

Siaran pers Dispenal menyebutkan, kedatangan kedua kapal tersebut yakni PRC Navy Ship Ocean Tug Nantuo-195 dan PRC Navy Ocean Salvage & Rescue Yong Xing Dao-863 disambut KRI Layang-635.

China merupakan negara ke sekian yang memberikan bantuan pencarian, penyelamat dan pencarian KRI Nanggala 402 sejak dinyatakan hilang kontak hingga akhirnya dinyatakan tenggelam. Selain China diantaranya ada Singapura, Australia, Malaysia dan Amerika.

Dukungan PLA Navy kepada Indonesia ini berawal tawaran Duta Besar China untuk Indonesia kepada Menteri Pertahanan RI. Mereka menawarkan bantuan kemanusiaan dalam penanganan KRI Nanggala-402 berupa kapal salvage.

Atas tawaran itu Indonesia menyambut baik. Karena tawaran kapal tersebut akan sangat membantu pengankatan kapal, karena memiliki spesifikasi tanggunh. Ocean Salvage and Rescue Yongxingdao-863 memiliki panjang 156 meter, lebar 21 meter dan tinggi 7,5 meter. Kapal memiliki robot, sonar, side scane sereta boat rescue. 

Sementara itu, Ocean Tug Nantuo-195 memiliki  panjang 119 meter, lebar 16 meter dan tinggi 6,5 meter. Kapal-kapal salvage AL China ini memiliki kemampuan untuk melaksanakan evakuasi sampai kedalaman 4.500 meter.(us)