Ganjar Pranowo Kalahkan Puan Maharani

us
Ganjar Pranowo Kalahkan Puan Maharani

Semakin banyak penduduk terpanggil menjadi mualaf di Canterbury. Perubahan ini terjadi pasca terjadinya serangan di masjid Christchurch, Selandia Baru.

Menurut Imam Nizamul Haq Thanvi dari Asosiasi Muslim Internasional Selandia Baru, sejak terjadinya serangan yang menewaskan sejumlah orang itu, beberapa minggu kemudian terhadi perubahan drastis. Setiap pekan ada saja yang datang dengan menyatakan ingin menjadi muslim.

"Setidaknya ada tiga hingga lima orang setiap harinya menjadi muslim di masjid Wallington. Zulfiqar Buton, Ketua Asosiasi Muslim setempat mengaku bertemua enam mualaf di Munawatu. Dia mendapat informasi lebih banyak lagi mualaf di Otago hingga kehabisa bahan. Begitu juga di masjid Auckland.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei pada April 2021 dengan melibatkan 1.200 responden dari 34 perovinsi. Survei menggunakan metode random sampling dengan toleransi kesalahan 2,9 persen.

"Pertanyaan pilpres semi terbuka menyebutkan 17 nama, hasilnya Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil adalah empat nama teratas dan relatif berimbang sebagai capres pilihan saat ini," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilisnya.

Kader PDI Perjuangan Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat Gubernur Jawa Tengah menjadi calon presiden yang diunggulkan berdasarkan survei Indikator Politik Indonesia. Ganjar mengungguli Anies Baswedan, Prabowo dan Ridwan Kamil.

Ganjar dalam survei mendapat dukungan 15,7 persen. Sedangkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berada di urutan kedua mendapat dukungan 14,6 persen. Menhan Prabowo Subianto berada di bawahnya dengan perolehan 11,1 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat 10,0 persen.

Tokoh-tokoh lain yang dimasukkan dalam radar survei mendapatkan dukungan yang kurang memuaskan. Misalnya Sandiaga Uno yang menempati urutan lima mendapat dukungan 8,1 persen. Ketua Umum Partai Demkrat Agus Harimurti Yudhoyono  didukung 6,4 persen.

Dua tokoh perempuan yang sedang memimpin saat ini, Puan Maharani, menjabat Ketua DPR mendapat dukungan 2,9 persen. Sedangkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Parawansa berada di bawahnya dengan 2,8 persen.

Airlangga Hartarto yang menjadi ketua umum partai terbesar kedua di INdonesia, Golkar, ternyata hanya mendapat dukungan 1,0 persen.(us)