Tjajo Mengaku Sejak Awal TWK KPK Tidak Libatkan PAN-RB

us
Tjajo Mengaku Sejak Awal TWK KPK Tidak Libatkan PAN-RB

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi  (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengaku tidak tahu karena tidak terlibat sejak awal mengenai tes wawasam kebangsaan (TWK) yang dilakukan KPK terhadap pegawainya. 

Begitu juga rencana koordinasi KPK dengan Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) terhadap 75 pegawai yang tidak lolos TWK. Karena itu dia tidak bisa menanggapinya. "Bagaimana menanggapinya, Kemen PAN-RB tidak ikut dalam proses test pegawai KPK terkait wawasan kebangsaan," kata Tjahjo.

Tjahjo menjelaskan, dasar perubahan pegawai KPK menjadi ASN dasarnya Peraturan KPK. Karena itu sejak awal tidak melibatkan Kementerian PAN-RB dan hasilnya pun menjadi otoritas KPK.

"Keputusan dan hasil dari tes diserahkan ke pimpinan KPK. Ya sudah selesai Kok dikembalikan ke PAN-RB, dasar hukumnya apa? Ini kan intern rumah tangga KPK," ujarnya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebelumnya mengadakan tes wawasan kebangsaan (TWK) bagi pegawainya. Dari TWK itu sebanyak 75 pegawai dinyatakan tidak lolos. Salah satu yang tidak lolos kabarnya adalah Novel Baswedan.

Pimpinan KPK akan menyerahkan 75 nama yang tidak lolos TWK kepada Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hal tersebut dilakukan berdasarkan keputusan rapat pimpinan bersama Dewan Pengawas (Dewas) dan pejabat struktural KPK.(us)