WNI Mudik Dilarang, WNA Datang Dibiarkan
Foto : ilustrasi foto wna (ist)

Masyarakat dilarang mudik, diputar balik dan diturunkan di jalan ketika hendak merayakan Idul Fitri bersama sanak keluarga di kampung halaman. Di sisi lain pemerintah justru membiarkan bahkan mengizinkan 85 WNA China masuk Indonesia.

Berita kedatangan 85 WNA China itu awalnya viral setelah diunggah akun isntagram @majeliskopi08, hingga tersebar luas. 

"Ada 20 orang lebih tuh, China semua di bandara. Di bandara Soetta nih, tanggal 4 Mei. China China China, tuh, tanggal 4 Mei jam setengah 4 sore. Bagaimana Indonesia," ujar sang pemilik video.

Video itu direkam oleh pemiliknya pada hari Selasa (4/5) pukul 15.30 WIB di Bandara Soekarno Hatta. Dari gambar yang beredar dan narasi yang dibagikan perekam video, menyebutkan ada sekitar 20 WNA yang baru turun dari pesawat bergegas masuk ke dalam sebuah bus.

Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham Arya Pradhana Anggakara membenarkan mengenai hal tersebut. Sebanyak 85 WN China dan 3 WNI masuk ke Ibukota menggunakan pesawat China Southern Airline dengan nomor penerbangan CZ8353. 

Mereka berangkat dari Kota Shenzhen dan mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. "Benar, pada Selasa 4 Mei 2021 jam 14.55 WIB telah mendarat 85 WN Cina dan 3 WNI dengan pesawat China Southern Airlines," katanya seperti dikutif beberapa media.

Mereka melakukan penerbangan dengan cara mencharter pesawat tersebut dengan nomor penerbangan CZ8353 langsung dari Shenzhen dan mendarat di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.(us)