Satgas Mafia Tanah Polri Telah Limpahkan 24 Tersangka ke JPU

Danial
Satgas Mafia Tanah Polri Telah Limpahkan 24 Tersangka ke JPU
Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian

Jakarta, HanTer - Satgas Mafia Tanah Bareskrim Polri melimpahkan 24 tersangka, beserta barang buktinya kepada jaksa penuntut umum (JPU).

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Andi Rian, menjelaskan, mulanya 18 tersangka yang dilimpahkan ke JPU. Enam hari berselang, kembali melimpah enam tersangka lainnya ke JPU.

"Setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P-21), total 16 kasus dan 24 tersangka diserahkan ke JPU," ujar dia saat dikonfirmasi, Jumat (7/5/2021).

Andi mengatakan, masih ada delapan kasus yang berkas perkaranya masih dalam proses pelimpahan tahap pertama hingga kini. Sementara itu, 13 kasus masih dalam tahap penyidikan.

"Terdapat 37 kasus, dengan total tersangka 51 orang yang menjadi program prioritas 100 hari kapolri," ucapnya.

Kementerian Agraria, Tata Ruang, dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), sebelumnya menyerahkan 89 kasus mafia tanah yang menjadi atensi. Kasus paling banyak terdapat di lima provinsi, yakni Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara.

Di sisi lain, Andi menuturkan, terdapat 52 kasus mafia tanah lainnya yang juga akan diselesaikan Satgas Mafia Tanah. Seluruhnya akan diselesaikan hingga akhir 2021.