Keprihatinan Salim Said, Pengangguran Banyak, Warga DIbatasi, TKA Datang Terus

us
Keprihatinan Salim Said, Pengangguran Banyak,  Warga DIbatasi, TKA Datang Terus

Mengalirnya Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China ke tanah air membuat masyarakat sakit hati. Di saat warga sendiri tidak boleh kemana-mana karena masih ganasnya pandemi Covid-19 TKA asing berdatangan terus dengan bebasnya. 

Apalagi jika benar TKA yang datang dari China itu sebagian hanya bekerja di proyek-proyek yang sebenarnya bisa dikerjakan oleh tenaga kerja Indonesia.

"Orang melihat ini pembelahan yang makin dalam di kalangan masyarakat," kata Guru Besar Ilmu Politik Universitas Pertahanan Indonesia Prof Salim Haji Said, melalui kanal YouTube FNN.

Yang lebih membuat heran Salim Said, sampai saat ini tidak ada penjelasan pemerintah mengenai hal itu. Padahal TKA asal China seperti mengalir terus berdatangan hingga mereka datang dengan carter pesawat.

"Kita tidak bisa pungkiri kalau ada kesan rakyat kita dipersulit untuk kemana-mana karena alasan covid, tetapi mereka (TKA) masuk ke Indonesia dengan sangat gampang," ujarnya.

Menurut Salim, pemerintah tidak pernah transparan soal mereka ini. Apakah benar mereka ahli di satu bidang atau hanya tenaga kerja biasa yang sebenarnya di Indonesia sangat banyak.

"Itu benar-benar menimbulkan keresahan dalam masyarakat dan saya rasa ini tidak bagus untuk pemerintah. Presiden kan punya banyak juru bicara, sebaiknya itu dijelaskan, apa sebenarnya yang terjadi. Faktanya banyak orang Indonesia yang nganggur," katanya.(us)