WNA China Diberi Karpet Merah, WNI Disekat Cukup Di Rumah

us
WNA China Diberi Karpet Merah, WNI Disekat Cukup Di Rumah
ilustrasi wna asal china (ist)

Pemerintah membisu soal kedatangan Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China. Padahal berbagai kritik dilontarkan dari mulai pengamat, politisi, LSM dan juga masyarakat yang merasa resah.

Anggota DPR Komisi IX Netty Prasetyani prihatin dengan sikap pemerintah yang memberi karpet merah kepada TKA di saat pandemi covid-19 masih mengganas. Di sisi lain melakukan pelarangan, bahkan penyakatan di seluruh penjuru tanah air bagi warga yang mau bepergian.

"Ini kebijakan macam apa, wajar kalau masyarakat bertanya-tanya, kenapa WN China dibiarkan masuk Indonesia sementara masyarakat dilarang mudik, dilakukan penyekatan, diputar balik dikejar-kejar," katanya.

Menurutnya, agar isu tidak menjadi liar pemerintah harus menjelaskan ke publik. Jangan diam saja karena tidak hanya soal Covid-19 yang berbahaya tetapi keresahan masyarakat pun bisa menimbulkan bahaya.

Sebelumnya WNA asal China terus berdatangan, tanggal (4/5) datang 85 orang, dua hari berikutya datang lagi hingga dalam seminggu datang tiga kali yang jumlahnya mencapai ratusan orang.

Pihak pemerintah melalui Dirjen Imigrasi hanya mengkonfirmasi mengenai prosedur adminsitrasi bahwa mereka memenuhi aturan keimigrasian.

"Seluruh WNA telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja, bukan untuk kunjungan wisata," kata Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Jhoni Ginting.(us)