Terhitung 7 Mei Nasib Novel Baswedan Dkk. Dilepas KPK

us
Terhitung 7 Mei Nasib Novel Baswedan Dkk. Dilepas KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara remi menonaktifkan 75 pegawainya, yang dianggap tidak lolos seleksi alih status pegawai menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Mereka yang dilepas itu adalah Novel Baswedan beserta 74 pegawai KPK lainnya


Sebelumnya KPK juga telah mengirimkan surat ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Isinya adalah tentang usulan terhadap 1.273 pegawai KPK dalam formasi ASN yang telah lulus tes alih status.

Berdasarkan surat keputusan yang beredar, juga terdapat nama 75 pegawai yang tidak lulus tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dilakukan KPK. Dalam surat keputusan pimpinan KPK nomor 652 Tahun 2021 yang ditandatangani Ketua KPK Firli Bahuri 7 Mei 2021 iyu terdapat beberapa poin.

Dalam surat keputusan ketua KPK itu, antara lain disebutkan nama-nama pegawai yang tidak memenuhi syarat (TMS) dalam rangka pengalihan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Disebutkan dalam SK tersebut penegasan agar nama-nama yang dimaksud (yang tidak lolos) segera menyerahkan tugas dan tanggung jawab kepada atasan langsung sambil menunggu keputusan lebih lanjut. 

Surat keputusan tersebut juga menyebutkan waktu berlakunya, yaitu sejak SK tersebut dikeluarkan. Artinua sejak keputusan ditandatangani ketua KPK yaitu tanggal 7 Mei 2021.(us)