Terindikasi Covid-19, Pemudik ke Sumatera Tak Bisa Langsung Balik ke Jawa

yp
Terindikasi Covid-19, Pemudik ke Sumatera Tak Bisa Langsung Balik ke Jawa
Ketua Satgas Covid19 Nasional, Doni Monardo. (instagram satgascovid_bpn)

JAKARTA – Pemudik yang kembali dari Sumatera bisa dikarantina bahkan dirawat di rumah sakit sebelum menyeberang ke Pulau Jawa. Ini dilakukan untuk menghindari melonjaknya penambahan kasus Covid-19 di Jawa.

"Pemudik yang balik dari Sumatera yang terindikasi Covid-19 akan dikarantina di Lampung. Dinas Kesehatan Lampung harus menyiapkan rumah sakit dan fasilitas kesehatan untuk mengantisipasi pemudik yang rentan," ujar Ketua Satgas Covid19 Nasional, Doni Monardo, dalam keterangan persnya, Sabtu (15/5/2021).

Dalam catatannya, seminggu terakhir ini terjadi peningkatan kasus Covid-19 di Sumatera. Sebaiknya, di Pulau Jawa kurva kasus mulai landai hingga diupayakan tidak naik lagi.

Hal sama disampaikan diungkapkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut akan menyediakan fasilitas testing di tempat-tempat tertentu pada jalur arus balik. Lokasinya antara Jawa dan Sumatera serta antara Bali dan Jawa. Beberapa ditempatkan di sejumlah rest area jalan tol yang dilalui pemudik untuk kembali. (*/yp)