Hendropriyono: Behentilah Berkoar-Koar
Foto :

Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (pur) AM Hendropriyono tetap pada keyakinannya bahwa konflik Palestina-Israel bukan urusan Indonesia. Karena itu dia menyerukan agar berhenti berkoar-koar yang menyesatkan opini umum.

"Marilah berhenti berkoar-koar yang menyesatkan opini umum, yang membuat masyarakat bisa ikut kerasukan dan kecebur dalam jurang kesengsaraan. Perang niscaya membawa kesengsaraan, bagi setiap orang dan seluruh bangsa kita," kata Hendro dalam keterangan tertulisanya.

Mantan Pangdam Jaya ini meminta semua pihak tidak membawa situasi peperangan di luar negeri ke dalam negeri. "Perang Irak, Libya, Suriah, Palestina, Israel, tolong jangan dibawa ke sini! Sadarlah anak-anak bangsa Indonesia yang tercinta, untuk menjaga dan melindungi seluruh rakyat kita agar tidak menderita seperti mereka di sana. Naudzubillahi min dzalik," katanya.

Menurut Hendro telah terjadi manipulasi agama yang kerasukan roh jahat sehingga membuat orang menjadi sulit mengendalikan diri. "Pemanipulasi agama membuat orang-orang menjadi emosional dan saling membenci," ujarnya.

Matan Danrem 043/Garuda Hitam Lampung ini tidak ingin opini masyarakat tercebur mendukung peperangan. Dia tidak ingin ada peperangan apalagi menantang perang.

"Menantang perang bukan tanda seorang petarung, tapi hanya seekor kodok sombong yang menggembungkan perutnya saja. Perang hanya akan menghasilkan yang kalah menjadi abu dan yang menang menjadi arang. Lalu apa yang bisa kita wariskan kepada anak-anak kita? Hanya suatu hari depan yang gelap gulita?" tuturnya.(us)