Komnas HAM Periksa 19 Pegawai KPK dan 3 Bundel Dokumen TWK KPK

yp
Komnas HAM Periksa 19 Pegawai KPK dan 3 Bundel Dokumen TWK KPK

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membentuk tim pemantauan dan penyelidikan untuk mengusut dugaan pelanggaran HAM dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tes itu diikuti namun berujung pada tidak lolosnya 75 pegawai. Sebanyak 51 di antaranya dinyatakan bakal dibebastugaskan sedang 24 lainnya dibina. 

"Komnas HAM telah membentuk tim pemantauan dan penyelidikan guna memeriksa adanya dugaan pelanggaran HAM pada proses alih status tersebut," ujar Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam  dalam keterangannya, Selasa (8/6/2021). 

Sejauh ini, kata Anam, tim pemantauan dan penyelidikan telah meminta keterangan 19 pegawai KPK terkait TWK tersebut. Tim juga menerima tiga bundel dokumen setebal 650 halaman terkait proses TWK.

Selain itu, tim melakukan pemetaan keterangan dan informasi berdasarkan hasil pemeriksaan 19 pegawai KPK dan dokumen. Di antaranya kronologi proses TWK, landasan hukum, prosedur pelaksanaan alih status dan TWK, substansi pertanyaan, background pekerjaan, tugas dan fungsi pokok, serta konteks kasus. 

Tim juga telah bersurat kepada pihak terkait untuk memberikan keterangan terkait proses TWK. (*/yp)