Ulama dan Tokoh Islam Minta Rizieq Dibebaskan

Danial
Ulama dan Tokoh Islam Minta Rizieq Dibebaskan

Bogor, HanTer - Buntut dari kriminalisasi yang ditimpakan kepada Habib Rizieq Shihab (RHS), berbagai komponen umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Ulama dan Tokoh Islam se-27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat melakukan audiensi dengan anggota DPRD Jabar, Selasa (8/6/2021). 

Dalam aksi audiensi ini membahas penegakan hukum yang tidak merata di Indonesia, dan terlihat jelas adanya tebang pilih.

Para perwakilan dari aliansi ulama mengungkapkan kekecewaan atas sikap pemerintah, karena menggunakan penegak hukum sebagai alat kekuasaan. Penilaian itu disampaikan merujuk pada vonis enam tahun kurungan pidana eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

“Kami ingin mengekspresikan keprihatinan atas penegakan hukum yang sangat serampangan. Kita harap penegak hukum ini ada kan untuk memberi rasa keadilan. Karena keadilan ini menjadi hal yang sangat fundamental dari ajaran Islam,” ujar Asep Syaripuddin, Selasa (8/6/2021).

Komponen dalam Aliansi Ulama ini meminta DPRD Provinsi supaya berdialog dengan Komisi III DPR RI yang membidangi hukum, HAM dan keamanan. Mereka meminta supaya diskriminasi terhadap ulama, habaib dan aktivis Islam tidak terjadi lagi. Selain itu, pembebasan Habib Rizieq juga digelorakan.

“Alhamdullilah tadi kita sudah diterima dengan baik, dan insyaAllah DPRD Jabar, tadi dari Komisi I DPRD akan menyampaikan ke DPR-RI,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, mereka akan menyambangi kantor DPR RI Jakarta untuk melakukan aksi serupa. Namun sebelum itu, aksi serupa juga dilakukan di beberapa wilayah di Jabar seperti Bandung Barat, Bogor, dan Ciamis. Hal itu, dikatakannya, menunjukkan bahwa masyarakat Jabar cinta terhadap tegaknya keadilan.