Ini Pandangan Waketum Gelora Fahri Hamzah tentang Masalah di BUMN

Danial
Ini Pandangan Waketum Gelora Fahri Hamzah tentang Masalah di BUMN
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gelora, Fahri Hamzah

Jakarta, HanTer -Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gelora, Fahri Hamzah menegaskan Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus terus eksis dan bukan untuk mencari keuntungan.

"BUMN-BUMN bukan untuk mencari keuntungan, tapi untuk bagaimana rakyat bisa sejahtra, rakyat tidak kelaparan," ujar mantan Wakil Ketua DPR RI ini kepada Harian Terbit di Jakarta, Jumat (11/6/2021).

Politisi yang juga penulis buku ini menerangkan, Menteri BUMN Erick Thohir agar tidak takut dalam membersihkan BUMN yang hanya membebani dan memboroskan keuangan negara. Namun dimana secara prinsip BUMN tidak diwajibkan mencari keuntungan dalam menjalankan roda bisnisnya.

Sebelumnya secara panjang lebar, Fahri Hamzah menjelaskan pandangannya dalam talkshow bertema "BUMN, Apa Masalah dan Solusinya" di Gelora Media Center, Jakarta Selatan, Kamis (10/6/2021).

Pembicara pada acara tersebut Komisaris Garuda Indonesia Peter F Gontha dan staf khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Menurut Fahri, tugas utama dari perusahaan plat merah harus bisa menghadirkan kemakmuran bagi rakyat.

"Saya sering mengatakan, semua dokumen UU termasuk monstitusi, tidak ada satupun di situ yang mengatakan di situ tugas BUMN mencari untung, tidak ada. Tugas BUMN itu untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Keberhasilan BUMN, bukan karena keuntungan yang besar. Tetapi, BUMN dapat dikatakan berhasil jika bisa menjadi penopang kekuatan rakyat," ulas Fahri.

"BUMN kan untuk kemakmuran rakyat, itu nggak usah maksakan diri untuk untung, tapi keberadaannya harus berefek dari bertambahnya kekuatan rakyat, tulang punggung rakyat dalam ekonomi dan lain-lainnya," tambahnya.