MK Segera Sidang Kasus TWK KPK

yp
MK Segera Sidang Kasus TWK KPK

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) segera menggelar sidang uji materi terkait tes wawasan kebangsaan (TWK) pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kabar cepatnya respon MK itu disampaikan Boyamin Saiman, koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI). Ia menerima surat panggilan untuk sidang pendahuluan pada 21 Juni 2021 pukul 13:30 untuk perkara dengan register nomor 25/PUU-XIX/2021. 

“Kami gembira MK sangat cepat melakukan proses untuk segera bersidang,” ujar Boyamin Saiman, koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI), Jumat (11/6/2021).

Sebelumnya, MAKI mengajukan gugatan menyusul polemik TWK dalam proses alih fungsi pegawai KPK menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang berujung pada tidak lolosnya 75 pegawai. Bahkan 51 pegawai diantaranya diberhentikan.

Ia mengaku telah menyiapkan saksi dan dokumen yang dibutuhkan untuk memperkuat permohonannya untuk tidak memexat pegawai yang tak lolos TWK. 

Ia juga mengau gembira karena Wadah Pegawai KPK yang tak lolos TWK telah mengajukan permohonan uji materi revisi Undang Undang KPK No. 19 Tahun 2019.

"Dengan majunya Pegawai KPK yang tidak lolos TWK maka akan sangat memperkuat Permohonan Uji Materi dikarenakan dirugikan secara langsung oleh TWK,” katanya. “Kami akan bersinergi dengan pegawai KPK tersebut untuk saling mendukung dengan tujuan dikabulkannya uji materi ini oleh MK.” (*/yp)

#Kpk   #twk