Polda Kaltara Mulai Buru Pelaku Aksi Premanisme

zamzam/ant
 Polda Kaltara Mulai Buru Pelaku Aksi Premanisme

Tarakan, HanTer - Kepolisian Daerah Kalimantan Utara (Polda Kaltara) menindaklanjuti instruksi Kapolri tentang pemberantasan premanisme, dengan membuat rencana segera menggelar operasi pekat dengan sasaran premanisme.

"Saat ini sedang menyusun personel, penentuan sasaran operasi dan pendukung lainnya," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltara Kombes Pol Budi Rachmat saat dihubungi dari Tarakan, Jumat (11/6/2021)

Mengenai wilayah mana saja yang dianggap rawan aksi premanisme di Kaltara, dia mengatakan menunggu data Karakteristik Kerawanan Daerah (Kakerda) dinamis dan perkiraan keadaan intelijen.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan seluruh polda dan polres jajaran untuk memberantas setiap aksi premanisme yang meresahkan masyarakat.

Instruksi itu menyusul adanya instruksi langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kepada Kapolri untuk menindak tegas preman yang sering melakukan pemalakan terhadap sopir kontainer di wilayah Jakarta Utara.

"Seluruh polda dan polres jajaran harus menindak tegas aksi premanisme yang meresahkan. Hal itu demi menjamin keselamatan dan memberi rasa tenang kepada masyarakat," kata Listyo Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (10/6/2021)

Sigit menyebut telah memberikan instruksi langsung kepada Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto dan seluruh kapolda untuk tidak memberikan ruang sedikit pun bagi oknum-oknum masyarakat yang melakukan aksi premanisme.