Disambangi Kepala BNPB, Anies Pastikan Peningkatan Sinergi dan Kolaborasi
Foto : Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menerima Kepala BNPB Ganip Warsito

Jakarta, HanTer - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima kunjungan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito beserta jajarannya di Balaikota DKI Jakarta, Senin (14/6/2021). Kunjungan Kepala BNPB ke Balaikota ini merupakan kunjungan pertama sejak dilantik menggantikan Kepala BNPB sebelumnya, Doni Monardo.

Gubernur Anies menyambut baik kunjungan sekaligus silahturahmi Kepala BNPB dan jajarannya, dan menyebut bahwa sinergi dan kolaborasi yang selama ini sudah terbangun baik antara Pemprov DKI dan BNPB akan semakin ditingkatkan, terlebih pada beberapa pekan terkakhir ini DKI Jakarta tengah mengalami lonjakan kasus aktif yang membutuhkan intervensi seluruh pihak.

"Pertama, saya ingin mengucapkan selamat untuk Bapak Ganip atas amanah besar kepada beliau. Kami sangat mengapresiasi sekali bahwa Bapak Kepala BNPB itu menjangkau semua, termasuk kami di Pemprov DKI," ungkap Gubernur Anies.

"Kami sangat bersyukur pertemuan tadi sangat produktif, kita membahas tentang rencana-rencana aksi yang akan kita bisa lakukan di Jakarta dan komunikasi ini sudah terjalin juga sebelum pertemuan. Karena kita menyadari bahwa ada kebutuhan untuk antisipasi atas lonjakan yang sekarang ada," lanjutnya.

Kemudian, Gubernur Anies turut mengapresiasi dukungan yang selama ini diberikan BNPB untuk DKI Jakarta. Ke depan dukungan ini akan terus dilanjutkan sehingga baik Pemprov DKI maupun BNPB dapat bersama-sama mengendalikan pandemi COVID-19, khususnya di Jakarta.

"Jadi kolaborasi antara BNPB dengan Pemprov DKI Jakarta akan jalan terus dan kami pun selama ini didukung, ditopang dan support dari BNPB dari mulai hari awal kejadian pandemi. Dukungan itu mencakup seluruh aspek. Kami berterima kasih sekali. Kami apresiasi, tidak mungkin kami bisa melindungi semua warga yang di Jakarta tanpa ada kerja sama dan support dari BNPB. Jadi pertemuan hari ini menegaskan kolaborasi itu dan kita akan terus bekerja bersama demi melindungi masyarakat di Ibu Kota," terangnya.

Sementara itu, Kepala BNPB, Ganip Warsito menjelaskan bahwa Jakarta memiliki peran yang strategis dan menjadi barometer penanganan COVID-19. Sehingga sinergi dan kolaborasi yang terbangun akan sangat mempengaruhi dalam hal penanganan COVID-19, khususnya di Jakarta.

"Kita memandang Jakarta ini sangat strategis, kita semua tahu Ibu Kota negara. Tentunya yang terkait dengan tugas-tugas BNPB dalam hal kebencanaan, apalagi terkait dengan masalah COVID-19 ini. Ini barometernya di Jakarta. Sehingga saya dengan Pak Gubernur harus bersinergi, harus saling mendukung, dan saling bekerja sama seperti konsep yang saya buat, kita harus memainkan 3K, yaitu komunikasi, koordinasi, kolaborasi. Ini salah satu implementasinya," pungkas Ganip.