Prabowo Lebih Dikenal, Ganjar Diunggulkan Sekalipun Tanpa PDIP
Foto : Kolase foto Ganjar dan Prabowo

Jakarta, HanTer - Hasil lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyebut ada beberapa calon yang potensial di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Salah satunya nama Prabowo Subianto yang unggul diurutan teratas hasil survei.

“Masalah pada Pilpres nanti semua pemilih mengetahui semua calon,” kata Manager Program SMRC Saidiman Ahmad melalui daring, Selasa (15/6/2021).

Ia memprediksi pada Pilpres 2024 nanti pasangan calon hanya sedikit atau diprediksi empat pasangan. Untuk nama Prabowo Subianto pada survei, menurutnya, hampir diketahui oleh pemilih, sementara nama Ganjar Pranowo baru diketahui 57 persen pemilih.

“Setelah kita coba survei dengan kesamaan publik mengetahui calon dari Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, maka kami temukan Ganjar Pranowo diunggulkan di 2024,” terangnya.

Ketika, dikatakan Saidiman, ada masalah politik internal partai demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Dan menyebabkan Ganjar Pranowo tidak diusung oleh PDI Prejuangan, lalu diusung oleh partai lain.

“Kami temukan pada survei Ganjar Pranowo masih relatif kompetitif dibanding nama seperti Prabowo Subianto dan AniesBaswedan, meskipun tidak didukung oleh PDI Perjuangan,” ungkapnya.

“Meskipun persaingan dari nama-nama calon yang lain lebih ketat. Ganjar Pranowo tetap unggul  disusul Prabowo Subianto kemudian Anies Baswedan,” imbuhnya.