YOGYAKARTA - Lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah di Indonesia sangat tinggi. Perlu pembenahan di masyarakat agar kasus tak makin tidak terkendali. 

Sosiolog Universitas Gajah mada (UGM), Sunyoto Usman, menyebut ada empat sikap dan tindakan masyarakat Indonesia yang harus dibenahi agar berhasil mengendalikan dan menghentikan penularan Covid-19.

Menurutnya, empat tingkatan dalam menyikapi kasus Covid-19 di Indonesia yaitu pada tingkat pengetahuan, kesadaran, sikap dan tindakan.

"Pengetahuan masyarakat mengenai corona virus sudah tersebar, kemudian kesadarannya mulai timbul. Tapi yang masih harus dibenahi kaitannya dengan sikap dan tindakan," ujar Usman dilalorkan antaranews dikutip Kamis (17/6/2021).

Ia menilai sikap dan tindakan masyarakat soal Covid-19 cenderung masih individual. Padahal yang dibutuhkan untuk mengendalikan pandemi ini adalah sikap dan tindakan yang bersifat komunal.

Sunyoto memberikan contoh bagaimana Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) yang berhasil menciptakan sikap dan gerakan secara komunal di lintas kabupaten/kota dalam menghadapi penyebaran Covid-19. Misal, kasus di Kudus tapi penanganannya melibatkan dokter dari wilayah lain. (*/yp)