Peringati Bulan Pancasila Bulan Bung Karno,  Perak Demokrasi: Milenial Arusutamakan Pancasila Sebagai Pedoman Hidup
Foto :

Jakarta, HanTer - Sejumlah aktivis pemuda milenial yang tergabung dalam Pergerakan Rakyat Demokrasi Indonesia (Perak Demokrasi) menggelar aksi simpatik membranding gambar Bung Karno dan Garuda Pancasila di Tugu Proklamasi dan Patung Kuda, Indosat, Jakarta Pusat, Rabu (23/6/2021.

 

Aksi simpatik yang dibarengi dengan dibentangkannya spanduk raksasa bergambar tokoh bangsa Bung Karno dan Garuda Pancasila ini digelar bertepatan dengan momentum peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni lalu. 

 

Penri Sitompul, Kordinator Perak Demokrasi menjelaskan bahwa lewat aksi simpatik ini diharapkan generasi muda atau yang sering disebut dengan generasi milenial dapat terus menanamkan serta menebarkan nilai - nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

 

"Pancasila ialah dasar negara Indonesia, Pancasila juga sebagai way of life atau jalan hidup bangsa Indonesia, Negara Indonesia dan masyarakat Indonesia. Kita sebagai generasi milenial yakni generasi penerus bangsa harus terus menebarkan spirit Bung Karno dalam membumikan Nilai - nilai Pancasila di kehidupan berbangsa dan bernegara", ucapnya. 

 

Penri juga menegaskan bahwa nilai - nilai Pancasila harus terus ditularkan kepada kalangan milenial, sehingga perlu ada usaha pengembalian Nilai - nilai Pancasila ke tengah - tengah masyarakat terutama generasi milenial untuk menjadi arusutamakan Pancasila sebagai pedoman hidup. 

 

"Nilai - nilai Pancasila ini harus terus ditularkan ke kalangan milenial, untuk itu perlu upaya masif dalam rangka pengembalian Nilai - nilai Pancasila ke tengah - tengah masyarakat, dan yang terpenting adalah harus terus dibumikan kepada masyarakat bahwa Pancasila itu ialah Arus Utama dan Pedoman Hidup kita sebagai masyarakat Indonesia," ujarnya. 

 

Terakhir Penri mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus melestarikan nilai - nilai Pancasila dan menggaungkan Pancasila ke seluruh Dunia.

 

Dari pantauan awak media aksi yang digelar Perak Demokrasi ni berjalan dengan tertib sembari memutar lagu- lagu perjuangan dan pidato bung karno serta menerapkan protokol kesehatan (prokes) yakni dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.