Mulai 12 Juli, Airlangga: 15 Kabupaten/Kota di Luar Jawa-Bali Terapkan PPKM Darurat
Foto : Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (instagram airlanggahartarto_official)

JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengumumkan 15 kabupaten/kota di luar Pulau Jawa-Bali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai Senin 12 Juli 2021.

Daerah itu adalah Kota Tanjung Pinang (Kepri), Kota Singkawang (Kalbar), Kota Padang Panjang (Sumbar), Kota balikpapan (Kaltim), Kota Bandar Lampung (Lampung), dan Kota Pontianak (Kalbar). 

Berikutnya adalah Manokwari (Papua Barat), Kota Sorong (Papua Barat), Kota Batam (Kepri), Kota Bontang (Kaltim), Kota Bukittinggi (Sumbar), Berau (Kaltim), Kota Padang (sumbar), Kota Mataram (NTB), dan Kota Medan (Sumut). 

Airlangga menyebut alasan penerapan PPKM Darurat di 15 Kota/Kabupaten itu adalah level asesmen 4, BOR di atas 65 persen dan capaian vaksinasi di bawah 50 persen.

“Capaian vaksinasi sudah di atas 50 persen hanya di empat kabupaten/kota keseluruhan di Kepulauan Riau, yakni Batam, Tanjung Pinang, Bintan dan Natuna,” kata Airlangga dalam konferensi pers, Jumat (9/7/2021). 

Menurutnya, aturan di 15 kota/kabupaten itu sama dengan aturan PPKM Darurat di Pulau Jawa-Bali yang diharapkan sejak 3 Juli 2021. (*/yp)