KSP Moeldoko Pilih Vaksin Nusantara Daripada Vaksin Impor
Foto : Moeldoko (ist)

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko ternyata memilih vaksin Nusantara dari mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto daripada vaksin yang diimpor negara dari luar negeri.

Moeldoko bahkan mengunggah di Instragamnya saat disuntik oleh Terawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Mantan Panglima TNI ini juga memberikan caption yang menjelaskan fotonya.

“Hari ini, saya menerima suntikan vaksin Nusantara untuk mencegah penularan Covid-19 dari Terawan Agus Putranto di RSPAD Gatot Soebroto,” tulis @dr_moeldoko dalam keterangan unggahannya, Jumat (30/7/2021).

Sejumlah tokoh-tokoh terkemuka juga lebih memilih vaksin dari dalam negeri ini. Diantaranya tokoh-tokoh itu adalah mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (Ical).
Ada juga sejumlah politisi dan anggota DPR yang mendapat suntikan vaksin Nusantara dari mantan Menkes Terawan Agus Putranto.

Kalangan DPR yang disuntik vaksin Nusantara yakni Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Emanuel Melkiades Laka Lena (Golkar), Saleh Partaonan Daulay (PAN), Adian Napitupulu (PDIP), Nihayatul Wafiroh (PKB), dan Arzetty Bilbina (PKB).

Sebenarnya, tidak hanya para tokoh dan pesohor saja yang mendapatkan suntikan dari Terawan tetapi juga anggota masyarakat yang mendatangi RSPAD. Diantaranya juga seorang guru SD bernama Yuhana dari pedalaman yang mendapatkan suntikan vaksin tersebut.

Vaksin Nusantara yang dikembangkan Terawanan sampai saat ini memang belum mendapat lapu hijau dari pemerintah. Akibatnya pengembaangan itu masih sebatas penelitian ilmiah yang belum dianggap sebagai vaksin. Meski demikian ternyata banyak tokoh-tokoh yang mempercayai vaksin tersebut dan memilik disuntik vaksin oleh Terawan daripada vaksin yang diimpor pemerintah dari luar.(us)