Kasus Covid-19 Menurun, Ini yang akan Dilakukan Menkes
Foto : Ilustrasi

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunawan Sadikin menyebut kasus Covid-19 menurun sekarang sepekan terakhir di masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM)  level 4.

Namun, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan semua orang tetap waspada.

"Kita memahami memang sudah terjadi penurunan kasus aktif di Jawa dan Bali, tetapi kita harus tetap waspada, karena kita sama sekali tidak tahu perilaku dari virus ini," ujarnya dalam keterangan pers virtual, Senin (2/8/2021). 

Ia kemudian menyebut akan meningkatkan testing dan tracing Covid-19 di masa perpanjangan PPKM Level 4 yang berlaku hingga 9 Agustus. 

"Kementerian Kesehatan akan berkonsentrasi untuk meningkatkan jumlah testing untuk men-support protokol kesehatan dan perubahan level PPKM. Karena, jumlah testing-nya ini akan sangat menentukan," tambahnya. 

Selai  itu, percepatan vaksinasi juga dilakukan. 
Apalagi pada Agustus dan September akan ada 70 juta dosis vaksin masuk Indonesia. 

"Total kalau semua kita peroleh di bulan Agustus hingga Desember itu sekitar 331 juta. Ini kan hampir empat kali lipat dari yang kita peroleh di Januari-Juli. Jadi, membutuhkan peningkatan yang sangat pesat dari sisi vaksinasi di seluruh daerah," katanya. (*/yp)