Kasus DAK Labuhanbatu Utara,  KPK Kirim Anggota DPR Ini ke Lapas Tangerang 
Foto : Ilustrasi (pixabay)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi mantan anggota DPR Fraksi PPP, Irgan Chairul Mahfiz (ICM), ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tangerang. Eksekusi dilakukan karena putusan perkaranya telah berkekuatan hukum tetap.

Eksekusi dilakukan sesuai  Putusan Pengadilan Tipikor pada PN Medan Nomor : 14/Pid.Sus-TPK/2021/PN.Mdn tanggal 6 Juli 2021.

Irgan Chairul Mahfiz adalah terpidana kasus korupsi terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN-P 2017 dan APBN 2018 untuk Kabupaten Labuanbatu Utara.

"Memasukkan terpidana ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tangerang untuk menjalani pidana penjara selama 4 tahun dikurang dengan lamanya masa penahanan yang telah dijalani," kata Plt Juru bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Kamis (5/8/2021).

Selain itu, Jaksa KPK juga melaksanakan eksekusi pidana badan pada mantan Wakil Bendahara Umum (Wabendum) PPP Puji Suhartono ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin Bandung.

Hal tersebut telah berkekuatan hukum tetap berdasarkan Putusan Pengadilan Tipikor pada PN Medan Nomor : 15/Pid.Sus-TPK/2021/PN.Mdn tanggal 6Juli 2021.

"Dengan cara memasukkan Terpidana ke Lembaga Pemasyarakatan Klas I Sukamiskin Bandung untuk menjalani pidana penjara selama 4 tahun dikurangkan dari lamanya masa penahanan yang telah dijalani," katanya. 

Selain itu, masing-masing terpidana tersebut juga dibebankan kewajiban  membayar pidana denda sebesar Rp200 juta dengan ketentuan bila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana kurungan selama 2 bulan. (*/yp)