Laksamana TNI Yudo Margono: Calon Komandan Harus Berani Ambil Risiko
Foto : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Jakarta, HanTer - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menekankan bahwa sebagai calon komandan, maka perwira lulusan Sesko TNI harus berani menanggung risiko dalam mengambil keputusan saat situasi darurat.

"Seorang komandan memiliki tanggung jawab besar yang harus diemban dan tidak dapat dihindari," kata Kasal saat memberikan pembekalan kepada 50 Perwira Menengah (Pamen) TNI AL berpangkat kolonel mantan Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) XLVIII Sesko TNI, bertempat di Selasar Gedung Neptunus, Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Senin (20/9).

Menurut dia, para perwira nantinya akan menempati jabatan pemantapan, seperti sebagai Danlantamal atau Danlanal. Ketika menghadapi situasi emergency/darurat seperti kejadian gempa atau banjir, maka pejabat TNI AL harus maju dan mengkomunikasikan dengan instansi terkait.
 
"Harus berani tampil paling depan, bukan menjadi pengikut. Setelah ini kalian akan menempati jabatan pemantapan di tempat kedinasan yang baru, kalian harus bisa mengukir, bisa menjadi contoh atau agen perubahan agar menjadikan TNI AL lebih baik lagi," ujar Laksamana Yudo dalam siaran persnya.

Mantan Pangkogabwilhan I ini menambahkan keberanian memang tidak muncul dengan sendirinya tetapi harus banyak dilatih, termasuk keberanian untuk dekat dengan media sehingga peran TNI AL dalam memberikan bantuan kepada masyarakat benar-benar diketahui publik.

"Tuhan sudah memberikan rahmat kepada kalian melalui dinas TNI AL untuk menyelesaikan pendidikan Sesko TNI. Ini adalah panggung untuk kalian, dan bagaimana kalian menggunakan panggung tersebut untuk menunjukkan prestasi dan pengabdian sebagai perwira TNI AL. Artinya kalian harus bisa memanfaatkannya," tutur Kasal.

Kasal dikutip Antara menyampaikan kepada 26 Pamen Korps Pelaut, 6 orang Korps Teknik, 4 orang Korps Elektro, 3 orang Korps Suplay, dan 11 orang Korps Marinir ini agar dengan bekal pengetahuan yang dimiliki dapat lebih mendewasakan diri dan dapat menerapkan bekal tersebut dengan sebaik-baiknya di kedinasan dengan rasa tanggung jawab tinggi.