Presiden Jokowi Hadiri Wisuda Virtual USAHID
Foto : Ucapan selamat wisuda dari Presiden RI – Ir. Joko Widodo menjadi anugerah istimewa pada pelaksanaan wisuda kali ini.

Jakarta, HanTer - Universitas Sahid kembali menggelar Wisuda Pascasarjana, Sarjana dan Diploma III di tengah Pandemi Covid-19. Sebagai bentuk dukungan untuk pemulihan pariwisata Indonesia, wisuda ke 45 ini mengangkat tema SDM Unggul dan Berkarakter Untuk Indonesia Maju, dengan sub tema #BaliBangkit #BaliKembali.

Wisuda dibuka dengan penayangan video Universitas Sahid hadir untuk Pariwisata Indonesia dan tata panggung bernuansa pariwisata Bali. Ucapan selamat wisuda dari Presiden RI – Ir. Joko Widodo menjadi anugerah istimewa pada pelaksanaan wisuda kali ini.

Hal istimewa lainnya, acara wisuda diikuti oleh wisudawan paling banyak sejak Universitas Sahid berdiri dan dilaksanakan secara hybrid yaitu offline di Universitas Sahid dengan protocol kesehatan yang ketat. & secara online melalui virtual zoom & youtube. Tidak kalah istimewa ada wisudawan yang mengikuti wisuda di tempatnya bekerja di pengeboran minyak tengah laut tanpa mengurangi kekhidmatan wisuda.

Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya berpesan agar para wisudawan update dengan perkembangan terkini, menyiapkan diri bersaing di pasar kerja yang semakin terbuka dan terglobalisasi, bukan hanya menjadi pencari kerja yang bertalenta tapi harus mampu menciptakan lapangan kerja dan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. Ikut serta berkontribusi dalam kemanusiaan dan kemajuan bangsa, memecahkan masalah social melalui teknologi dan inovasi berkelanjutan serta menjadi kebanggaan keluarga, almamater, bangsa dan negara.

Wisuda ke 45 Universitas Sahid yang dilaksanakan pada Sabtu, 25 September 2021 ini diikuti oleh 454 wisudawan yang terdiri dari 115 orang dari program pascasarjana; 102 orang dari fakultas ekonomi & bisnis; 80 orang dari fakultas ilmu komunikasi; 84 orang dari fakultas teknik; 59 orang dari fakultas teknologi pangan & kesehatan dan 13 orang dari fakultas hukum.

Hadir dalam wisuda ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahuddin Uno yang memberikan orasi ilmiah secara live. Juga hadir secara virtual Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI - Prof. Dr Agus Setyo Budi, MSc ; Ketua Pembina Yayasan Sahid Jaya - Dra. SB. Wiryanti Sukamdani, CHA. ; Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya - Prof. Dr. H. Nugroho B. Sukamdani, MBA, BET.; dan Direktur Eksekutif Yayasan Sahid Jaya - Prof. Dr. Ir. Kohar Sulistyadi, MSIE.

Apresiasi, dukungan dan ucapan selamat atas penyelenggaraan wisuda ke 45 ini juga di sampaikan pimpinan lembaga pemerintahan dan pejabat public antara lain : Ketua MPR RI - H. Bambang Soesatyo, SE.MBA; Ketua DPR RI - Dr. (H.C.) Puan Maharani, S.Sos; Menteri Pendidikan & Kebudayaan Ristek RI - Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A; Gubenur DKI Jakarta - H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D; Duta Besar RI untuk Kesultanan Oman & Republik Yaman - Muhammad Irsan Djohan; Duta Besar RI untuk Kuwait - Adi Kuntarto; Duta Besar RI untuk Qatar - Ridwan Hassan; Duta Besar Venezuela untuk RI - Mr. Radames Jesus Gomez Azuaje dan Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok – Drs. Djauhari Oratmangun.

Rektor Universitas Sahid – Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom., IPU dalam sambutan di Sidang Terbuka Senat menyampaikan laporan pimpinan Universitas dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan akademik dan non akademik yang telah dilakukan, khususnya dalam kurun waktu tahun akademik 2020/2021.

Bahwa sebagai respon terhadap perubahan akibat revolusi industry 4.0 dan pandemic covid 19, kegiatan akademik telah dilakukan melalui proses creative and innovative learning dengan dukungan tekniologi digital secara online. Mahasiswa dilibatkan dalam diskusi “problem solving” dan “ creativitas dan adaptasi menghadapi new normal” melalui virtual discussion (webinar) dengan menghadirkan tokoh yang telah sukses di bidangnya, baik pada skala nasional maupun internasional. Universitas Sahid juga telah membangun kolaborasi dan sinergi dengan beberapa perguruan tinggi dan dunia industri untuk mengimplementasikan MBKM (Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka).

Prestasi Dosen

Wujud adaptasi dan responsive terhadap tuntutan perubahan yang terjadi juga telah dilakukan penambahan muatan khusus “coding dan big data” untuk semua prodi di lingkungan Universitas Sahid. Dalam situasi pandemic covid 19 ini, telah mendorong para dosen lebih kreatif dalam melaksanakan tridarma pendidikan tingginya, beberapa prestasi dosen yang terkait dengan pelaksanaan Tri Darma Pendidikan Tinggi selama tahun akademik 2020/2021 antara lain telah diterbitkan 52 paper pada jurnal internasional bereputasi dan terindeks, 64 jurnal nasional terindek sinta 1-4, 31 paper pada Jurnal nasional ber ISSN, 16 Prosiding pada konferensi nasional dan internasional, 25 buku dan book chapter serta 35 HAKI. Disamping itu juga telah dihasilkan beberapa inovasi hasil riset dosen skema PDUPT berupa model kebijakan yang dimanfaatkan oleh Pemda seperti :

"Model Hilirisasi Industri Rumahan Berbasis Sumber Daya Unggulan Lokal di Lombok Utara; Model Pengembangan Wisata Terintegrasi dan Berkelanjutan di Kawasan Wisata Tanjung Kelayang, Model partisipasi masyarakat dalam pengelolaan waduk Kedung Ombo, dll. Pada periode tahun 2020/2021 juga Universitas menerima hibah eksternal berupa dukungan dana penelitian dari Kemendikbud RI sebanyak 5 judul dengan nilai Rp 1.984.461.000,- dan 4 Pengabdian masyarakat dengan jumlah dana Rp 262.200.000.-. Pada tahun yang sama Universitas Sahid juga telah memberikan dukungan dana untuk 22 judul penelitian dan 14 pengabdian masyarakat."

Prestasi Mahasiswa

Disamping prestasi dosen, prestasi mahasiswa juga tak kalah membanggakan, beberapa mahasiwa telah menorehkan tinta emas untuk meningkatkat reputasi Universitas Sahid antara lain: Juara 1 lomba kemah Budaya Kaum Muda Kemendikbud tahun 2021; Juara 1 debat Students association Competition tingkat nasional; Juara 1 Lomba Menu Tempe untuk Hidangan Rumah Tangga tingkat nasional Persagi; Juara 1 Lomba Nutrition Education Competition; Memperoleh hibah dana penelitian tingkat nasional dari Indofood Riset Nugraha (IRIN), ini menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di Universitas Sahid dapat disetarakan dengan perguruan tinggi lainnya di tingkat nasional baik negeri maupun swasta.

Uraian perkembangan Universitas Sahid tersebut diharapkan dapat memperkuat keyakinan bahwa lulusan saat ini adalah wisudawan yang berkualitas karena lulus melalui proses akademik yang berkualitas dengan dukungan tenaga akademik yang berkualitas. Meskipun lulus dalam suasana pandemic Covid 19 justru menjadikan para wisudawan sebagai lulusan yang tangguh dan kreatif ketika terjun di masyarakat.

Pada acara Wisuda Universitas Sahid ke 45 ini juga diberikan Penghargaan kepada wisudawan terbaik yaitu:

Indah Aprilia,S.H.(Fakultas Hukum) IPK 3.73

Afrin Rahmahdanti, S.T.P (Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan/ Teknologi Pangan) IPK 3.94

Annisa Bunga Putri,S.I.Kom (S1 FIKOM/ Humas) IPK 3,60

Yoga Tri Admaja, I.Kom (D3 FIKOM/ Humas) IPK 3.67

Monica Aprialia,S.T. (Fakultas Teknik/ Teknik Lingkungan) IPK 3,77

Nadhira Qinthara, SM (Fakultas Ekonomi & Bisnis/Manajemen) IPK 3.92

Gan Gan Giantika (S2 PascaSarjana/Magister Ilmu Komunikasi) IPK 3.90

Dr. Abdul Latief (S3 Pascasarjana/ Doktor Ilmu Komunikasi) IPK 3.90.

Civitas akademika Universitas Sahid mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan dalam menyelesaikan studi, semoga ilmu yang telah didapatkan bermanfaat untuk keluarga dan Bangsa. Ucapan selamat juga kepada orang tua wisudawan yang telah berhasil menghantarkan putra-putrinya menyelesaikan studi di Universitas Sahid.

Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk mendidik putra-putrinya di Universitas Sahid. Teriring doa untuk melepas dan menghantarkan para Wisudawan, semoga Allah SWT selalu membimbing mereka menempuh tantangan kehidupan dan meraih masa depan gemilang.