BNPB Siapkan Relawan untuk Penguatan Disiplin Protokol Kesehatan Jelang PON XX Papua
Foto :

Jayapura, HanTer – Relawan protokol kesehatan (prokes) mendapatkan peningkatan kapasitas jelang perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Pembekalan yang dilakukan oleh BNPB ini berupa pengetahuan mendirikan tenda yang akan dijadikan gerai masker di beberapa tempat penyelenggaraan. 

Hal ini disampaikan Supervisor Satuan tugas (satgas) Prokes Imam Pramukarno sebelum melepas para relawan prokes ke lokasi tempat penyelenggaraan atau venue yang akan mendirikan gerai masker.

"Sebelumnya saya akan memberikan peningkatan kapasitas, agar gerai masker dapat segera dibangun dan bisa berjalan," ujar Imam di Posko Subsatgas Kota Jayapura, Minggu (26/9/2021).

Para relawan prokes terlihat antusias mendapatkan peningkatan kapasitas ini, mereka mengikuti dengan fokus setiap arahan yang diberikan. Sebagian besar relawan prokes ini terdiri dari para mahasiswa, lembaga dan masyarakat sekitar yang tinggal di sekitar Kota Jayapura. Lokasi penempatan para relawan prokes di gerai masker juga memperhatikan jarak dari domisili masing-masing untuk mempermudah transportasi. 

Sebelumnya para relawan prokes juga telah menerima pembekalan dengan materi berbeda, meliputi pendekatan kepada masyarakat saat pembagian masker dan penerapan disiplin prokes selama kegiatan PON XX Papua berlangsung. Tidak hanya membagikan masker, mereka dilatih untuk menyampaikan imbauan dengan baik dan sopan kepada masyarakat untuk menerapkan disiplin prokes serta menghindari kerumunan. 

Sebanyak 125 relawan prokes di Kota Jayapura telah mengikuti kegiatan ini, hingga hari ini Subsatgas Kota Jayapura telah membagikan masker sebanyak 19.000 buah yang disebar melalui gerakan mobil masker untuk masyarakat dan gerai masker di lokasi venue.

Dengan adanya peningkatan kapasitas ini, Satgas Prokes yang inisiasi BNPB dan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional mengharapkan para relawan prokes mampu menyampaikan pesan positif yang hendak diberikan kepada para warga masyarakat. Melalui pesan positif penerapan disiplin prokes, masyarakat dapat menikmati PON XX Papua dengan aman dan terhindar dari virus Covid-19.