Tagih Janji Jokowi, BEM dari Sejumlah Kampus Gelar Sidang Rakyat
Foto :

Jakarta, HanTer - Sedikitnya 1000 mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berbagai kampus Jabodetabek menggelar Aksi Nasional di depan Istana Negara, Jakarta, Kamis (21/10/2021). Aksi ini untuk Evaluasi 2 Tahun Kabinet Indonesia Mundur. Aksi diawali dengan longmarch dan dilanjutkan dengan Sidang Rakyat.

Koordinator Pusat BEM Seluruh Indonesia, Wahyu Suryono Pratama mengatakan, BEM akan menggelar Sidang Rakyat sendiri jika dalam aksinya tidak bertemu dengan Presiden Jokowi atau perwakilan dari Pemerintah. Sebelum ke Istana, aksi diawali dari Bunderan Patung Kuda Monas.

"Jadi mahasiswa bakal aksi di Istana sampai tuntutannya dipenuhi," ujar Wahyu Suryono Pratama kepada Harian Terbit, Kamis (21/10/2021).

Namun, sambung Wahyu, Sidang Rakyat akan digelar Bunderan Patung Kuda Monas jika tidak bisa aksi di Istana. Aksi akan tetap digelar hingga tuntutan BEM dipenuhi oleh pemerintah. BEM  turun kejalan dengan membawa 10 Perintah Rakyat. Pertama, jamin kebebasan akademik, biaya pendidikan yang berkeadilan, pendidikan aman dari kekerasan seksual, serta tegakkan marwah akademik.

Kedua, percepat pemulihan ekonomi dengan prioritas komitmen kesejahteraan rakyat. Ketiga, cabut Revisi UU KPK, UU Minerba, UU Cipta Kerja dan segala aturan turunannya. Keempat, revisi pasal-pasal bermasalah UU ITE yang mengancam kebebasan berpendapat dan berekspresi. 

Kelima, tuntaskan pelanggaran berat HAM, berkomitmen, melindungi, dan menghormati Hak Asasi Manusia.Keenam, hentikan segala bentuk pembungkaman demokrasi dan jamin kebebasan sipil. Ketujuh, penuhi Hak-hak Tenaga Kesehatan dan Tuntaskan penanganan pandemi serta permasalahan kesehatan lainnya. 

Kedelapan, hentikan segala bentuk Proyek Strategis Nasional yang bermasalah. Kesembilan, deklarasikan Darurat Iklim dan Wujudkan Reforma Agraria Sejati. Kesepuluh, evaluasi total kabinet Indonesia Maju.