Jakarta, HanTer - Tekanan pengiat anti korupsi agar Jaksa Agung segera menyelesaikan kasus yang mangkrak di Kejaksaan Agung terus bergulir. Sebelumnya Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melayangkan gugatan praperadilan untuk melawan Kejaksaan Agung. 

Perkumpulan Masyarakat Peduli Hukum (MPH) juga telah menggugat Kejaksaan Agung (Kejagung) dengan melayangkan gugatan Praperadilan agar untuk pengusutan dan penuntasan kasus korupsi Indosat Mega Media (IM2) yang merugikan negara Rp 1,3 triliun dapat segera diselesaikan.  

Pada kasus korupsi mantan Dirut IM2 Indar Atmanto, Pengadilan telah menjatuhi hukuman selama 8 tahun penjara. Namun pihak tersangka lainnya seperti Johny Swandy Sjam, Harry Sasongko, Kaizad Bomi Heerjee serta Tersangka Korporasi PT. Indosat Tbk dan PT IM2 belum sama sekali disidangkan.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (SIPP PN Jaksel), gugatan praperadilan itu sudah di daftarkan 24 September 2021 dengan nomor perkara 92/Pid.Pra/2021/PN JKT.SEL. Rencananya sidang pertama akan dilakukan pada Senin (25/10/2021) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan di ruang sidang 05.

Turut termohon dalam gugatan praperadilan yang dilayangkan MPH adalah Kejaksaan Agung Republik Indonesia, PT. Indosat Tbk, PT. Indosat Mega Media, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia, PT Hutchison Tri Indonesia, Komisi I DPR RI, Komisi III DPR RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I

Berikut permintaan MPH:

1. Menyatakan menerima dan mengabulkan permohonan PEMOHON untuk seluruhnya;

2. Menyatakan Pemohon sah dan berdasar hukum sebagai pihak ketiga yang berkepentingan untuk mengajukan permohonan praperadilan atas perkara a quo.

3. Menyatakan secara hukum TERMOHON I telah melakukan tindakan PENGHENTIAN PENYIDIKAN secara materiel dan diam-diam yang tidak sah menurut hukum terhadap perkara korupsi penyalahgunaan jaringan 3G PT IM2 dengan Tersangka Johny Swandy Sjam, Kaizad Bomi Heerjee , serta Tersangka Korporasi PT Indosat Tbk dan PT IM2 ;

4. Memerintahkan secara hukum TERMOHON I melakukan proses hukum selanjutnya sebagaimana diatur dalam KUHAP terhadap perkara korupsi penyalahgunaan jaringan 3G PT Indosat Mega Media (IM2) dengan Tersangka Johny Swandy Sjam Kaizad Bomi Heerjee serta Tersangka Korporasi PT. Indosat Tbk dan PT IM2, untuk segera melimpahkan berkas perkara kepada Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Agung RI untuk selanjutnya dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat;

5. Memerintahkan TURUT TERMOHON I untuk segera melakukan tugas supervisi atas dugaan Korupsi yang dilakukan oleh TERMOHON II dan TERMOHON III terkait penyalagunaan jaringan frekuensi 3G.

6. Memerintahkan TERMOHON I, TERMOHON II, TERMOHON III, TURUT TERMOHON I, TURUT TERMOHON II, TURUT TERMOHON III dan TURUT TERMOHON IV, TURUT TERMOHON V, TURUT TERMOHON VI, dan TURUT TERMOHON VII untuk mematuhi putusan ini;

7. Membebankan biaya perkara menurut hukum kepada PARA TERMOHON;