Pimpin Dekan FISIP UAI, Heri Herdiawanto: Jalankan Misi Pendidikan dan Penelitian
Foto : Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Al Azhar  Indonesia (UAI) periode 2021-2024, Heri Herdiawanto/Ist

Jakarta, HanTer - Heri Herdiawanto terpilih menjadi Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) periode 2021-2024 dari Program Studi Ilmu Komunikasi.

Heri yang sebelummya menjabat Wakil Dekan FISIP UAI menggantikan posisi Irwa R. Zarkasi

Heri terpilih melalui rapat Senat FISIP UAI yang dihadiri oleh 23 pemilik suara dan undangan lainnya, termasuk pihak rektorat dengan suara mayoritas dari anggota senat yang hadir dalam rapat yang dilakukan secara daring dan luring, Senin (8/11).

Memimpin Dekan FISIP UAI, Heri mengaku memiliki visi menjadikan FISIP UAI sebagai salah satu fakultas unggulan yang menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan mengembangkan manusia yang memiliki dimensi intelektual, spiritual, moral dan etika Islam yang terintegrasi sebagai modal untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia.

“Untuk mewujudkan visi tersebut misi yang akan dijalankan di antaranya dengan menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam disiplin Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi," kata Heri, Rabu (10/11/2021).

Heri juga berkomitmen membangun jaringan kerjasama dengan institusi yang relevan, baik di dalam maupun di luar negeri, menumbuhkembangkan budaya dan karakter yang Islami dan demokratis

“Di atas itu semua, saya akan menjadikan persatuan, soliditas dan kekompakan tim sebagai modal utama mewujudkan visi dan misi  FISIP UAI," tambah Heri.

Sebelumnya, Heri merintis karir sebagai guru SMA Islam Al Azhar Pusat (1 dan 3) sejak 1999-2014. Selanjutnya menjadi dosen tetap di Prodi Hubungan Internasional sejak tahun  2014, dan sebagai dosen tidak tetap atau DTT sejak 2006. 

Heri yang menempuh pendidikan dasar dan menengah di Kuningan, Jawa Barat, kemudian melanjutkan studinya ke Fakultas Ilmu Sosial-IKIP Jakarta (kini Universitas Negeri Jakarta). 

Berikutnya Heri melanjutkan studi magister dan doktoralnya di Universitas Indonesia dengan program studi Ilmu Politik. Istimewanya, ketika kuliah S1 hingga S3 Heri pernah mendapatkan enam beasiswa.  

Selama menjadi akademisi, Heri juga aktif melakukan penelitian dan menerbitkan hasil penelitiannya di berbagai jurnal baik nasional maupun internasional. 

Tercatat ada enam buku yang Heri tulis dan dicetak oleh penerbit-penerbit bereputasi. Malahan dua buku ajar di antaranya mendapat penghargaan dari Kementerian RistekDikti. 

Bukan cuma itu, Heri juga merupakan aktivis pergerakan sejak kuliah dulu. Tercatat dalam biografinya Heri pernah menjabat sebagai ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tingkat Universitas (Koorkom IKIP Jakarta) dan Sekretaris Senat Mahasiswa IKIP Jakarta.

Selain itu, Heri saat mahasiswa pernah menjadi juara nasional mewakili DKI Jakarta dalam lomba P2P4 tingkat nasional.

Sebelumnya, Heri juga pernah menjabat sebagai Kepala Biro Kemahasiswaan UAI.